Breaking News

AMPLOP SUMBANGAN UNIK AKSARA JAWA

Melihat amplop ini saya mengingat waktu kecil saya di suruh simbah untuk mengirimkan surat ke adik simbah yang berada di lampung pulau sumatra nan jauh disana karena simbah dan saya berada di pulau jawa. Waktu itu hanya dikasih selembar kertas bertuliskan huruf jawa yang saya tidak tahu apa artinya dan mungkin artinya adalah menanyakan kabar antara adik dan kakak pastinya hehehe hanya tebakkanku saja.

Selember kertas diberikan kepadaku dan dusuruh untuk di kasih / dimasukan amplop dan tujuan serta asal ditulis oleh saya menggunakan huruf latin agar sesuai dengan petunjuk dari kantor POS, karena kalau menggunakan huruf jawa mungkin dari pengantar POS juga tidak paham tetang tulisannya. Waktu kecil saya sering menulis surat karena Ibu berada di tempat lain dan saya tinggal di jawa dengan Bapak, sehingga Simbah juga sesekali menyuruhku untuk mengirimkan surat lewat kantor POS karena sekolahan saya dekat dengan kantor POS, sehingga selain bisa buat pelajaran di sekolah juga bisa langsung di aplikasikan dalam kehidupan saya di masa kecil.

Setelah 15 tahun bahkan mungkin lebih sedikit hehehe :D saya menemukan lagi Aksara Jawa Ini tertulis di sebuah Amplok Undangan Kondangan, dan ternyata ini memang Amplop dari Simbah saya yang menitipkan Amplop Kondangan kepada Bapak saya yang sebagai wakilnya. Karena saya juga belum pernah bertemu dengan saudara dari adik simbah buyut saya yang berada di Karangtalun, Kab. Cilacap.

Ternyata saya punya banyak saudara yang berada di Cilacap hanya saja saya kurang paham dan bahkan tidak paham, karena silsilah ini berasal dari Bapaknya Mbah Saya atau bisa juga di sebut Mbah Buyut saya, Jadi Adik Mbah buyut saya tinggal dan punya anak di daerah Cilacap Karangtalun dan mereka besar dan berkeluarga disana, saya saja tidak pernah melihat mbah buyut hehehe apa lagi dari keluarga adiknya mbah buyut tambah pusing saya dan mungkin kalau ketemu dijalanpun kami tidak saling kenal lah.
_____________________________________________________________________________________________
BACA JUGA & TINGGALIN JEJAK


Simak Juga Video Saya :

_____________________________________________________________________________________________

Dari pengalaman saya yang pertama kali ini ikut Bapak Kondangan di daerah Karangtalun Cilacap ada yang unik lagi selain dari Aksara Jawa tersebut yaitu Oleh - oleh yang dibawakan dari sebuah acara atau resepsi pernikahan, Biasanya kita dibawain ROTI, atau Snack - snack, atau juga Sovenir, Tapi ini yang dibawakan adalah IKAN ASIN yang kelihatannya nikmat sekali dan masih mentah belum di goreng, Mungin daerah pesisir pantai tahu yah apa yang diinginkan oleh daerah pegunungan, jadi didaerah pegunungan tidak ada Ikan sehingga memberikan buah tangan berupa IKAN ASIN yang jarang dan bahkan tidak ada di pegunungan.

2 comments:

  1. Seep ilmunya bisa saya pelajari dan saya turunkan ke sepupu saya soalnya dia baru mau belajar sepeda juga.

    ReplyDelete
  2. @kang Nurul Iman hehehe kok posisinya koment di AMPLOP hehehe :D tapi tak apa lah SIP SIP dimana saja bisa liat video nya

    ReplyDelete