Breaking News

KELAPA GADA VS KUDI

Kelapa GADA (dibaca Kelapa Godo) merupakan salah satu jenis buah kelapa yang baru pertama kali kami temui, dari segi bahasanya Kelapa Gada itu seperti halnya Gada atau alat pukul yang berbentuk besar nah disini sepertinya kelapanya sebagai Gadanya dan pokok manggarnya sebagai pegangannya.

Sekilas memang terlihat tidak jauh berbeda dengan jenis buah Kelapa yang lain memang si buahnya sama, yang membedakan adalah dimana gagang / manggar yang menempel langsung pada kelopak kelapa tersebut sehingga tidak ada Gap atau jarak dengan buah kelapa tersebut, seolah-olah antara gagang/manggar menyatu dengan buah kelapa tersebut.

Segarnya air kelapa tentunya membuat kita merasakan lebih fresh apa lagi ditambahkan sedikit es serta gula kelapa yang memang diproduksi sendiri wow rasanya. Dengan suasana perkampungan yang kental serta kesunyian jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat kami merasa damai berada disini, sangatlah memberikan ketentraman batin kita dan perlu tentunya sesekali meluangkan waktu untuk berada disini sejenak menghilangkan penat beberapa waktu yang telah dilewati dengan mengunjungi orang tua serta menikmati hasil kebun yang memanjakan.

Ditempat kamipun ada yang unik dan berbeda dengan tempat lain yaitu "KUDI" seperti terlihat pada gambar di atas dimana Kudi tersebut dimanfaatkan untuk membuka atau memecah buah Kelapa tersebut, dimana Kudi merupakan senjata khas dari wilayah Banyumas yang memiliki bentuk dan ciri khas dimana menggelembung pada bagian bawah serta mengecil pada bagian ujungnya. Bahkan orang diluar wilayah Banyumas menyebutnya dengan Golok Hamil karena memang bentuknya yang seperti perut sedang hamil, tetapi tidak hanya sebatas itu ternyata Kudi ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan Masyarakat sekitar karena memiliki multifungsi yang  membuat Masyarakat sebagian besar menggunakannya untuk sehari-hari.

Baca juga : Masjid Majasem Klaten 
Kudi itu multifungsi yang mana dapat digunakan untuk benda-benda keras seperti memotong batang kayu besar, bambu serta yang lainnya, tetapi tidak hanya itu Kudipun dapat untuk memotong sayur serta bumbu dapur untuk memasak karena ada bagian yang memang dikhususnya bagian keras serta dapat merajang yang lembut-lembut. Terlihat dari gambar di atas tersebut dimana Kudi ini Kami manfaatkan untuk membelah kelapa sangatlah mudah karena ada bagian ujung untuk membuka pertama dan bagian badannya untuk membuka batok kelapanya yang keras, begitu mudahnya menggunakan alat tersebut untuk pemanfaatan kehidupan sehari-hari di Masyarakat kami ini.

4 comments:

  1. Baru kali ini saya menemukan alat seunik Kudi. Berasa katrok karena ketidaktahuan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itulah KUDI multifungsi khas banget tuh soale digunakan untuk apa aja OK

      Delete
  2. Mbiyen mbahku punya Kudi. Tapi saiki wis mbuh neng ndi..

    ReplyDelete