Breaking News

5 GUNUNG MENGELILINGI KLATEN

Gunung merupakan tanah yang menjulang tinggi kelangit dan dibandingkan dengan daerah-daerah sekitarnya memang jauh lebih tinggi dan curam, terdapat juga beberapa gunung yang masih aktif dan juga tidak aktif begitu pula dengan pegunungan yaitu tempat yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya tetapi memang letak yang lebih luas.

Kami tinggal di kota kecil diantara kota besar Jogja dan Solo sehingga kadang orang luar sana tidak mengerti keberadaan Klaten ini, padahal mungkin mereka sering melewatinya tetapi disaat ditanya mereka menjawab hmmm Klaten itu dimana ya masih Jawa Tengah ?, ya itulah tetapi karena perkembangan teknologi jaman dan yang lainnya Klaten memiliki destinasi wisata yang telah mendunia seperti Umbul Ponggok yang memang sangat primadona untuk saat ini.

Disii kami menjelaskan Klaten yang dikelilingi oleh 5 Gunung dan bahkan terlihat langsung seperti di pagi ini dri pematang sawah wilayah Klaten, antara lain :

Gunung Merapi
Di Bagian Utara terdapat Gunung Merapi, Gunung Merapi siapa si yang tidak tahu? Gunung Merapi yang berada di wilayah Klaten, Jogja, Magelang, Boyolali apa lagi memang Gunung Merapi ini salah satu gunung yang begitu aktif dan sering terjadi erupsi beberapa kali dan bahkan sudah menjdi siklus erupsi, serta erupsi yang sering menimbulkan dampak begitu besar bagi lingkungan maupun kehidupan disekitar Gunung Merapi tersebut, memancing mata dunia untuk melihat Gunung Merapi tersebut.

Gunung Merbabu
Sama dengan Gunung Merapi di sebelah utara berdampingan Gunung Merbabu juga terlihat dari Klaten karena posisinya yang berdekatan dengan Gunung Merapi, kondisi yang berbeda membuat Merbabu lebih aman bagi pendaki yang mana memang Gunung Merbabu ini tidak aktif, Gunung Merbabu juga terlihat lebih sejuk dan ramah bagi pendaki, apalagi bagi pendaki pemula sangatlah cocok untuk karakter gunung seperti ini.

Gunung Sumbing
Disebelah Barat Laut terlihat Gunung Merbabu, yang ternyata tidak hanya gunung yang dekat dengan Klaten, tetapi menjulang tingginya Gunung Sumbing membuat gunung tersebut tetap terlihat dari Klaten walaupun jarang dari Klaten ke Gunung sumbing bisa sekitar kurang lebih 100 km dan ditempuh dengan waktu 3 jam lebih hanya sampai di kaki gunungnya saja. Disitulah kita harus bersyukur dimana memang tanda-tanda kebesaranNya sangat jelas terlihat dan patut kita syukuri tentuny.

Gunung Lawu
Gunung yang membelah wilayah Jawa Tengah dengan Jawa Timur ini juga nampak jelas dari Klaten dimana posisinya yang berada di sisi sebelah timur. Gunung ini juga sudah lama tidak aktif sehingga memiliki daya tarik bagi pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Lawu tersebut, tak hanya itu ternyata di puncak terdapat penjual makanan yang memang berinisiatif karena sering banyak pendaki yang dikawatirkan kekurangan makanan jadi perlu dibantu tempat makan.

Simak Juga & Tinggalkan Jejak

Gunung Kidul
O iya masih ada satu lagi yang belum ketinggalan ternyata , Klaten itu berbatasan langsung dengan Gunung Kidul dan Gunung Kidul itu memeiliki pegunungan yang tinggi menjulang seperti Gunung Api Purba sebagai tempat wisata, serta ada Titik tertinggi Gunung Kidul di Puncak Batara Sriten. Jadi untuk warga Klaten selain berlibur di Klaten sendiri, juga dapat liburan disekitar wilayah Gunungkidul Jogjakarta, Solo, Karanganyar, Boyolali, Magelang sangatlah bervariasi tempatnya maka berbahagialah.
disitulah yang kulihat dan yang kudengar

2 comments:

  1. aku sudah pernah ke museum merapi nya mas, agak jauh dari merapi yang asli ya ? tapi melihat isinya saja sudah cukup membuat merinding... tragedi besar itu ya, semoga semakin aman kedepannya #jejakbiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semoga erupsinya dikit-dikit tidak bumpet, jaman dulu kan membentuk kubah, kalau sekarang lebih longgar, semoga erupsine sering tapi dikit dikit jadi tetap aman :D

      Delete