Breaking News

Ca Kangkung atau Tumis Kangkung

Setelah hampir satu minggu yang lalu memanen kangkung hidroponik, untuk kesempatan kali ini kami akan mengulas masalah kangkung kembali, karena kangkung ternyata banyak peminatnya dari orang desa sampai orang kota yang mana bahan dasar kangkung ini sangat mudah dijumpai serta penanaman yang cukup mudah dan menghasilkan hasil yang melimpah, begitu pula dengan cara mendapatkannya begitu mudah karena banyak warung-warung terdekat atau disekitar kita yang menjualnya dan bahkan sampai supermarketpun juga menjual sayur kangkung segar.

Ca Kangkung atau yang biasa kita kenal dengan Tumis Kangkung serta kalau di derah kami yaitu oseng kangkung yang mungkin tiap daerah berbeda namanya tetapi dengan teknik masak dengan cara di tumis.

Ca Kakung sendiri adalah sebuah olahan makanan berbahan dasar kangkung segar yang diolah dengan cara ditumis serta diberikan bumbu yang sederhana seperti bawang merah bawang putih serta cabai, dan lebih enak lagi jika ditambahkan sedikit terasi hehehe tapi kalau yang gak suka terasi sebiknya dipish aja dijadikan sambal, karena ca kangkung dengan sambal terasi terasa lebih gurih apa lagi ditambahkan dengan nasi hangat yang empuk waduh bikin susana hati semakin riang gembira. O iya ada yang ketinggalan kami lebih suka jika bawang putih hanya di geprek saja tanpa di potong-potong sehingga aromanya makin wangi dan mantap.

Ca Kangkung sendiri enaknya disajikan disaat hangat-hangat dan fresh sehingga dihimbau bagi kalian yang ingin membuat ca kangkung sendiri usahakan sesuai dengan porsi masing-masing, jadi cukup untuk satu kali makan dan jika ingin makan kembali lebih nikmat masak lagi hehehe, karena kalau sudah tak hangat cita rasanya berbeda walau masih sama enaknya tapi alangkah baiknya jika dihidangkan disaat masih hangat.

Simak Juga & Tinggalkan Jejak

Kangkung menjadi primadona karena harganya yang murah serta rasanya yang tidak kalah, sayur hijau yang satu ini memiliki mitos bahwa yang memakannya menjadi ngantuk, tetapi ada sebuah pendapat bahwasanya yang membuat kantuk bukan dari kangkung tersebut tetapi ada jenis ulat yang menempel pada tanaman kangkung yang mungkin ikut terbawa saat di masak, jadi diusahakan untuk memasak kangkung dibersihkan dengan air yang mengalir agar kotoran yang ada di sayuran ini hilang terbawa arus kangkung tersebut.

disitulah yang kulihat dan yang kudengar


2 comments:

  1. Esuk-esuk maca tumis kangkung nyong dadi kencot. Mbayangnya sarapan karo jangan kangkung, sambel terasi terus karo tempel gundil (sing ora nganggo tepung), segane anget. Le mangan neng gubuk sawah. Urip e makmur pisan ya nek kayak kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh makmure temenan kuwe sing penting sawah e dewek, aja sawah e tanggane ... mengko dewek kon ngaritna :D

      Delete