Breaking News

KELAPA TUA BANYAK MANFAATNYA

Kelapa yang sudah tua atau biasa kita sebut dengan kelapa "Kiring" hehehe mungkin di tempat lain berbeda istilahnya juga tetapi sama saja itulah kelapa yang sudah tua dan penuh dengan berbagai manfaat untuk kehidupan manusia dan bahkan binatang seperti tupai :D

Banyak pemanfaatan dari buah kelapa salah satunya adalah untuk pembuatan santan kelapa yang sering dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk memasak agar cita rasa menjadi lebih gurih dan nikmat. Bermacam - macam olahan masakan yang menggunakan santan sangat digemari bagi masyarakat Indonesia mungkin juga karena kekayaan alam kita yang masih banyak memiliki pohon kelapa di berbagai daerah.

Teringat waktu kecil dimana minyak kepala masih di produksi oleh warga disekitar kami, yang mana bahan dasarnya juga buah kelapa yang sudah tua, minyak kelapa ini dapat untuk menggoreng dalam pembuatan masakan yang membuat kenikmatan dari masakan itu sendiri berbeda dengan minyak kelapa sawit tetapi seiring dengan berjalannya waktu produksi ini telah tiada karena masyarakat lebih memilih untuk menderes kelapa tersebut menjadi sebuah gula kelapa yang nilai ekonomisnya lebih tinggi dan dapat memakmurkan masyarakat sekitar.

Kelapa tua juga dapat diparut sebagai taburan olahan seperti getuk, geplak, ketan, cenil, klepon dan berbagai mcam olahan makanan tradisional yang menggunakan parutan kelapa sebagai topingnya. Mungkin di eropa menggunakan keju kalau di tempat kami menggunakan parutan kelapa yang sama - sama memiliki cita rasa yang gurih. O iya selain sebagai toping juga dapat di olah dimasukan di dalamnya sehingga parutan dicampur dengan gula kelapa yang rasanya menjadi manis manis gurih gimana gitu.

Simak Juga & Tinggalkan Jejak
 

Seiring dengan kemajuan jaman nampaknya tidak banyak dari anak keturunan yang tidak mewarisi orang tuanya untuk memaksimalkan kebun yang ada karena mereka lebih memilih untuk berkarir atau bekerja di luar daerah dengan keterbatasan yang ada, dan semoga masih ada bibit-bibit anak cucu kita yang dapat merasakan betapa bermanfaatnya kebun kita untuk keberlangsungan hidup manusia.

disitulah yang kulihat dan yang kudengar

No comments