Searching...

MADU TAWON ONDOAN

Madu tawon ondoan ini sering terdapat di rumah-rumah warga, karena memang madu ini sengaja dibudidayakan oleh warga sekitar untuk keperluan pribadi, jadi setiap rumah jika ingin mengkonsumsi madu ya dengan cara membudidayakannya sendiri. Kenapa dinamakan madu tawon ondoan karena berasal dari kata ONDOAN = NGUNDUH = MENGUNDUH dan biasa di singkat menjadi ondoh oleh sebab itu madu yang diunduh dinamakan madu ondoan hehehe kalau dalam bahasa dunia maya atau dunia Internet Madu ini mungkin bisa dikatakan dengan MADU DOWNLOADAN hahahahaha. Sudah sejak kecil ayah saya menyangkarkan lebah/tawon ondoan tersebut dibelakang rumah kami sendiri dengan harapan bisa dikonsumsi oleh anak-anaknya agar menjadi sehat, biasanya ada tempat khusus yang sengaja ditempatkan dibelakang rumah yang biasa dinamakan Glodakan karena memang terbuat dari bahan dasar kayu dan biasanya kayu dari pohon kelapa dan kenapa dinamakan glodakan karena ya suaranya glodak -glodak. Untuk bibit atau mendatangkan lebah biasanya ada dua cara yaitu :
  1. Dengan mendatangkan Ratu lebah dari alam bebas, jadi ada sarang tawon/lebah dari hutan atau kebun diambil ratunya terus dimasukan kedalam glodakan tersebut.
  2. Dengan membiarkan saja glodakan tersebut akan dengan sendirinya dihinggapi atau ditempati oleh lebah-lebah liar tetapi untuk cara kedua ini lumayan lama dan tidak ada kepastian karena kita tidak tahu apakah lebah tersebut suka terhadap tempat yang baru ini.
Selain dikonsumsi madunya hasil dari tawon ondoan tersebut juga ada yang dinamakan KANGSI atau sarang lebahnya dan telor-telor lebah tersebut untuk dimasak TEGE, Tege itu adalah istilah dari bahasa kami yang kalau ditempat lain biasa dinamakan SOP tetapi mungkin lebih sederhana bumbu-bumbunya karena didaerah pegunungan tempat tinggal kami biasa menggunakan bumbu atau rempah-rempah seadanya. Tege tawon ini biasa dikombinasikan dengan daun katuk yang membuat kesegaran luar biasa dilidah. O iya Madu ini hanya untuk dikonsumsi pribadi dan tidak diperjual belikan sehingga dirumah paling ada satu sampai tiga glodakan saja, kemungkinan besar kalau memang warga ingin membudidayakan madu tersebut bisa menjadi barang yang komersil, dan bisa menambah pendapatan warga amin. Sedikit info tentang Madu ondoan ditempat kami dan kalau ada yang ingin ditanyakan hub. saja saya atau teman-teman saya yang berada disekitar daerah kemranjen, termia kasih semoga bermanfaat.

Baca Juga dan Jangan Lupa Tinggalkan Jejak :

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!