Skip to main content

CANDI SEWU

Candi Sewu merupakan sebuah candi yang sering disebutkan dalam pelajaran sekolah kita di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Berdasarkan pengalaman saya, yang saya tahu tentang Roro Jonggrang sebagai cerita rakyat pada jaman dahulu kala itu, adalah Candi Prambanan, apakah saya yang gagal paham atau pemahaman orang diluar daerah Jogja, Klaten dan sekitarnya. Karena dari dulu yang disebut Candi Sewu adalah Candi Prambanan menurut saya, tetapi setelah melakukan perjalanan kemaren nganter adik ke Bandara, saya dan Iney sengaja muter melewati jalur samping Candi, dan saya menemukan bahwa Candi Prambanan bukanlah Candi Sewu yang tertera dalam Kisah Roro Jonggrang tersebut. Dan juga pemahaman bagi kami orang Banyumas yang terbiasa menyebut mau liburan kemana ??? dan mereka menjawab ke Jogja, akan tetapi yang dituju adalah Candi Sewu dan Candi Borobudur, padahal Candi Sewu terletak di Kabupaten Klaten, dan sedangkan Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang jadi tidak di Jogja.
Berdasarkan google maps saya baru memahami ternyata untuk jalur Candi Sewu, dan Candi Prambanan sebenarnya satu jalur dan dari Candi Sewu ke Candi Prambanan atau sebaliknya hanya jarak berkisar kurang lebih 800 meteran, akan tetapi yang unik disini adalah Candi Sewu serta Candi disebelahnya merupakan wilayah Kabupaten Klaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, sedangkah Candi Prambanan ikut dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kenapa merasa Unik karena bagian parkir masuk itu masih dalam wilayah Jawa Tengah, tetapi setelah melewati Gapura Candi itu sudah termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta disinilah saya merasa gimana gitu karena memang Candi - candi ini berada tepat di Daerah Perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
_____________________________________________________________________________________________
BACA JUGA & TINGGALIN JEJAK

_____________________________________________________________________________________________

Kalau yang kalian berada di Daerah Jogja - Klaten dan sekitarnya mungkin tidak merasakan bingung atau kesalahan dengan tata letak yang ada. Tetapi bagi kami yang berada di tempat lain menilai bahwa Candi Prambanan sama juga dengan Candi Sewu, Serta Liburan Ke Jogja sama dengan liburan ke Candi Sewu, dan bahkan Liburan ke Jogja liburannya ke Magelang yaitu dengan mengunjungi Candi Borobudur hehehe inilah apa yang saya rasakan dimasyarakat kami selama ini.
Semoga dengan ini masyarakat jauh disana sekarang bisa tahu mau liburan kemana menunjuknya ke Klaten, ke Jogja, ke Magelang dan sebagainya agar masyarakat Klaten dan Magelang juga tidak iri, karena sering kekeliruan tersebut membuat masyarakat di klaten terutama yang saya rasakan bilang "apa-apa Jogja, apa-apa Jogja - padahal itukan Klaten" nah inilah yang membuat saya merasa berkeinginan mencari tahu mana yang benar dan mana yang salah.


TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Softcopy dan Hardcopy

Softcopy dan Hardcopy adalah format atau bentuk dari sebuah file dan memiliki pengertian sebagai berikut :
Softopy adalah sebuah format file yang masih mentah dan dalam bentuk file didalam komputer dalam bentuk format seperte Ms. Word (.doc), Ms Exel (.Xlsx), Corel dan format-format lain dalam sebuah program yang masih bisa diolah alih kedalam bentuk yang lebih sempurna baik dikurang maupun ditambah.
Hardcopy adalah sebuah format file yang sudah atau telah tercetak dalam bentuk print atau cetak lainnya.
Untuk penyimpanan Softcopy karena masih dalam bentuk file komputer sehingga bisa disimpan dalam CD / DVD, bisa juga dalam Flashdisk seperti yang terlihat dalam gambar tersebut disamping, bisa juga sekarang banyak penyimpanan Softcopy dalam Hardisk External dan seiring dengan berkembangnya jaman Softcopy bisa dikirim lewat e-mail atau sejenisnya melalui Internet.
Sedangkan untuk Hardcopy biasa dalam bentuk PRINT / CETAK yang kita bisa gunakan seperti untuk berkas melamar pekerjaan dan …

CONTOH SURAT PERMOHONAN IMAM DAN KULTUM SHALAT TARAWIH

Harga Gula Merah Terbaru Oktober 2019

Harga Gula Merah dan Harga Gula Aren dipengaruhi oleh beberapa faktor dan salah satunya yang paling memberikan efek adalah dimana hujan belum turun secara terus menerus sehingga kekeringan masih dirasakan dibeberapa tempat.
Dampak tersebut membuat produksi dari Gula Merah tersebut menjadi terhambat yang tadinya 1 (satu) pohon dapat menghasilkan beberapa liter air nira sekarang hanya sedikit yang dapat kita petik hasilnya dimana seperti kemarin terjadi hal untuk 5 (lima) pohon kelapa hanya menghasilkan 1 (satu) pongkor (tempat untuk menampung air nira sementara di atas pohon kelapa).
Banyak kita petik pelajaran dimana dari beberapa pengalaman tentunya untuk menghasilkan sebuah Gula Merah yang Super sangatlah dibutuhkan beberapa hal yang sangat membantu dalam faktor produksi tersebut, kelangkaan bahan baku yang membuat sedikitnya pasokan ke pasar serta permintaan pasar yang banyak, sehingga membuat distribusi barang menjadi terhambat.
Untuk itu harga gula dipasaran untuk bulan kemarin …