Searching...

MANFAAT ENCENG GONDOK

Enceng Gondok sering kita lihat di rawa-rawa karena tumbuhan ini mudah sekali berkembang diperairan, hidupnya yang mengapung sehingga memudahkan tanaman enceng gondok ini berkembang dan menyebar. Dilihat dari bentuknya Enceng gondok ini sebenarnya unik mirip terompet kalau menurut saya, dan dari segi nama enceng gondok berarti enceng yang gondok, karena dibagian bawah terlihat mengembang dan mengerucut pada bagian atas sebelum sampai kedaunnya. Enceng gondok ini juga memiliki bunga yang berwarna Ungu tetapi lebih muda, yang terlihat sangat kontras dengan warna Hijau dari warna daun dan warna encneng gondok itu sendiri. Untuk nama enceng gondok ternyata juga ada yang menyebut dengan eceng gondok ini masih di daerah Jawa Tengah coba di daerah lain kemungkinan besar namanya juga berbeda-beda.
_____________________________________________________________________________________________
BACA JUGA & TINGGALIN JEJAK

_____________________________________________________________________________________________

Enceng Gondok ini memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia dan juga ikan antara lain :
  1. Digunakan serabutnya untuk kerajinan tangan seperti tas, dompet & sebagainya
  2. Untuk ikan bisa dimanfaatin sebagai rumah ikan, dan juga tempat mencari makan bagi ikan yang berlindung dibawah enceng gondok
  3. Bisa juga digunakan untuk pakan ternak
Tetapi enceng gondok tersebut harus diperhatian dengan baik karena jika tidak diperhatikan dan dibiarkan secara liar dapat menimbulkan efek negatif bagi kehidupan juga diantaranya yaitu :
  1. Menjadi sampah karena terlalu banyak dan mati dan menumpuk dibawahnya karena tidak terpelihara
  2. Menutup saluran perairan juga karena tumbuhan ini cepat sekali berkembang dan bisa jadi menutup perairan yang ada.
  3. Tumbuhan-tumbuhan yang hidup didalam air juga bisa mati karena tertutup oleh enceng gondok dan mengakibatkan tumbuhan dibawah air tidak mendapatkan sinar matahari.
Terima kasih semoga bermanfaat, maturnuwun

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!