Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2017

Mio Sporty 2009 Telah Menemaniku Menempuh Jarak 98.988,9 Kilometer

Delapan tahun sudah kita bertualang bersama-sama baik senang maupun duka untuk menuju kearah yang lebih baik lagi dan lebih lagi. Dengan gas tipis-tipis dari pantai sampai pegununganpun telah dilalui bahkan sampai gas pun tak dapat mendorongmu aku yang akan mendorongmu sampai puncak. Baca cerita tertuang dari perjalanan ini yang membuat kami merasa saling memiliki dan bersatu untuk satu tujuan yang sama.
Baca Juga : Batang Keluar dari Perut Pohon Dari sekedar perjalanan yang tanpa arah, kamupun selalu setia menemani kami, perjalanan yang luar biasa beberapa kali melewati jalur pantai selatan Klaten - Jogja - Purworejo - Kebuman - Banyumas dan dilanjutkan kembali jalur tengah melalui Purbalingga - Banjarnegara - Wonosobo - Temanggung - Magelang - Jogjakarta dan kembali ke Klaten lagi, selain itu jalur tersebutpun kami melalui jalan pintas yang melewati Borobodurpun telah kau lewati.
Baca Juga : Masjid At-Taqwa Gergunung Klaten Utara Perjalanan Melingkari Gunung Merapipun kau lewati de…

Mencoba Tumbuh Dari Perut Pohon

Batang ini tumbuh dari sebuah pohon yang berada dipinggir jalan, memang usia pohon yang sudah tua terlihat dari kulitnya bak robot hehehe, iya nampak sekali kulit yang mengelupas-mengelupas, akan tetapi nampaknya dari situ terlihat batang muda yang berusaha tumbuh walau berada di perut pohon tersebut yang menunjukan betapa perjuangan sebuah tumbuhan muda yang tumbuh terlihat dari pohon yang telah renta tersebut.
Baca Juga : Keunikan Masjid At-Taqwa Gergunung Klaten
Pohon ini diperuntukan sebagai marka jalan yang berada dipinggir, dimana melindungi atau memisahkan jalan dengan tanah disamping ataupun persawahan yang ada serta memberikan kesejukan serta menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh lalu lalang kendaraan yang melintas di jalan raya, dan dengan adanya pohon inilah yang membuat udara di lingkungan kita tetap bersih dan tak menjadi polusi udara dan bahkan ranting daun pohon inilah yang menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Munculnya ranting dan daun m…

Keunikan Masjid At-Taqwa Gergunung Klaten

Sepintas memang tak terlihat keunikan dari Masjid At-Taqwa ini tetapi jika anda masuk kedalamnya baru nampaklah dimana anak-anak kecil dengan khusyuknya dalam beribadah serta berada dalam shof yang paling depan sendiri berada tepat dibelakang Imam Masjid At-Taqwa tersebut.
Di tempat lain mungkin sebagian besar shof pertama diisi oleh orang tua bahkan kakek-kakek simbah yang sudah sepuh menempatkan diri mereka dibelakang Imam Masjid tetapi di Masjid At-Taqwa ini alhamdulillah antusias dari anak-anak kecilpun begitu semangat dan khusyuknya, semoga akan terjaga sampai mereka besar kelak diwaktu mereka sudah mengenal dunia laur yang lebih luas lagi tetapi akan tetap ingat dengan perjuangan mereka dimasa kecil dimana mereka berduyung-duyung menuju Masjid At-Taqwa untuk memakmurkannya. Untuk ketepatan waktu juga sangat dijaga dimana dikala waktu sholat telah tiba akan terus bergegas untuk mengumandangkan adzan dan dilanjutkan dengan sholat jama'ah yang tentunya tanpa mengulur-ulur wakt…

Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis ini berada di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) serta taman tersebut biasa kita kenal bagi warga Yogyakarta atau Kecamatan Patuk dengan sebutan "Puspa Patuk" karena memang taman tersebut berisi bunga Amarilis yang sedang berkembang pada musim penghujan seperti sekarang ini.
Berdasarkan Informasi dari teman facebook kami Muhimatussolihat Farah Annisa menerangkan bahwa "Taman Bunga Amaryllis,, Seger dan Indah bgt memanjakan mata,guys..
MasyaaAllah bgt pokoknya 😍
Yg belum ke sini,buruan ke sini deh.
Minggu kemarin ke sana bunganya sebagian udah bnyak yg layu,jadi sebaiknya,kalo mau ke sini, saat awal2 mekar minggu pertama atau kedua aja "coba lg tahun depan" 😅,penasarraan. Ngambil ngambarnya gak greget,, sebagian ada yg udah rusak, padalah udah di kasih space buat jalan dan ambil gambar. Tapi,masiiih aja ada main serudug2 n injek2 aja 😥,duh yaa"
Baca juga : Bunga Desember yang be…

Gula Merah Klaten datang Lagi | Ready Stok

Hari ini tanggal 24 Oktober 2017 Gula Merah Super dari Banyumas datang lagi monggo yang di Klaten dilarisi dengan harga yang masih sama khusus buat warga klaten
Harga Rp 14.000 / kg
Gula Merah Super ini berasal dari Pegunungan di salah satu wilayah Kabupaten Banyumas yang tentunya rasanya yang manis dan menyehatkan. Kwlitas Super tersebut biasa digunakan untuk Gethuk Goreng Sokaraja yang benar-benar high quality sehingga terjamin mutu dan kwalitas dari makanan yang dihasilkan dari olahan Gula Merah Super tersebut.
Baca juga : Tulisan Arab Berbahasa Indonesia ditemukan di Box Truk Bagian Belakang
Simak Juga Video Kami
Dengan kelangkaan gula pada bulan-bulan ini dimana di area Banyumas sudah beberapa bulan terakhir mengalami musim penghujan jadi hujan disana sini, sehingga produk Gula Superpun mengalami penurunan sehingga tidak mudah untuk mendapatkannya kan tetapun untuk wilayah Klaten kami tidak akan menaikan harganya harga tetap di Rp 14.000/kg nya, dan semoga tetap membawa berkah d…

Tulisan Arab Bahasa Indonesia

Dari jauh nampak terlihat sebuah truk muatan yang bertuliskan huruf arabic dan kamipun mencoba untuk membacanya yang tidak lain tidak bukan adalah "AKU RINDU KAMU"
Sebenarnya si kami ingin membaca Al-Qur'an walau dijalan hehe sehingga kami mengejar truck muatan tersebut dan sampai kami video juga agar menjadi bukti yang autentik hehehe.  Tetapi ternyata sebuah tulisan arab yang tetap menggunakan bahasa Indonesia.

Baca juga : Gula Merah Super dari Pegunungan Banyumas

Berpositif thinking juga dimana kalimat Aku Rindu Kamu yang ditulis menggunakan huruf arabic tersebut dimaksudkan oleh pak sopir bahwa sopir tersebut rindu akan keluarga dan rindu akan sang penciptanya.

Banyak berbagai tulisan unik dalam box belakang truk yang membuat kita tertarik untuk melihat membaca dan bahkan mengabadikannya seolah-olah kita terpana dan asik aja si apa lagi jika berada di lampu merah dengan kemacetan yang panjang, tentunya membaca tulisan dalam box truk membuat hati kita senang, dan luc…

Layang - Layang KODOKAN

Kutemukan Layang-layang kecil yang ternyata mengingatkanku akan masa kecil yang kurang bahagia, dimana kami bekerja keras untuk menerbangkan layang-layang. Kami harus naik pohon kelapa ataupun pohon sengon terlebih dahulu agar dapat layang-layang kami terbang tinggi ke angkasa wekewkkewk.
Kamipun harus naik pohon yang begitu tinggi jika layang-layang kami turun karena menyangkut dipohon besar nan menjulang, atau alternatif lainnya adalah dengan cara kami membuat layang-layang kembali karena memang posisinya yang begitu tinggi dan kami tak dapat untuk mengambilnya. 
Tetapi dengan itu semua tidak membuat kami untuk patah arang, memang perjuangan-perjuangan seperti itulah yang dapat menerbangkan layang-layang yang indah dipandang jika sudah tinggi dan layang-layang ditempat kami memang dapat menampilkan bunyi yang nyaring serta beragam sehingga unik serta dapat menjadi sebuah ikon tersendiri bagi layang-layang milik siapa dan siapa. Dengan penuh kesabaran karena tidak sekali saja untuk …

Ternyata Ini Sistem Tanam Tabela

Apa yang kami tulis kemarin dalam "Alat Penggaris Sawah" ternyata keliru, setelah kami mendapatkan informasi dari Mas Cahya ternyata yang dimaksudkan dalam alat tersebut adalah sebuah alat menanam padi dengan Sisten Tanam Tabela (Tanam Benih Secara Langsung)
Yang dimaksud dengan Sistem Tanam Tabela (Tanam Benih Secara Langsung) yaitu sebuah sistem tanam padi dengan cara menanam padi tanpa melakukan persemaian padi terlebih dahulu atau secara memindahkan bibit, akan tetapi langsung ditebar benih secara langsung yang menggunakan alat sehingga menjadi sebuah larikan atau alur yang jelas.
Tentunya dengan sistem seperti ini benar-benar menyingkat waktu yang tadinya harus disemaikan terlebih dahulu dan setelah tinggi benih atau bibit sekitar 20 cm baru dipindahkan dan ditanam dengan cara dipindahkan serta memerlukan alat ataupun tenaga manusia untuk menanamnya, sedangkan dengan cara tanam tabela tentunya kita hanya membutuhkan satu orang saja seperti dalam video di bawah ini untu…

Indahnya Kebersamaan di Pantai Nampu

Perjuangan berangkat pagi sampai sana sudah matahari mulai menyingsing dengan hanya bermodalkan petunjuk arah dan ingatan berdasarkan peta google yang terekam dalam otak kami hehehe.
Membutuhkan waktu sekitar 3 jam bahkan lebih dari Klaten dengan alasan ya itu tidak mengetahui secara pasti arah dan tujuannya sehingga mengikuti jalur saja kemana roda berputar.
Pantai Nampu ini masih berada diwilayah Wonogiri yang masih termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah, akan tetapi kami perlu melewati Provinsi Jawa Timur yaitu Pacitan untuk mencapai ke Pantai Nampu tersebut karena jalurnya memang melewati sedikit dari arah Pacitan. Dan terdapat pantai pula kalau tidak salah pantai sembukan Jawa Timur. Terdapat dua jalur perpisahan seperti huruf Y yang ke kiri ke Pantai Jawa Timur dan yang ke kanan ke Pantai Nampu Wonogiri Jawa Tengah.
Sesampainya di Pantai Nampu kami melihat begitu sepi dan masih alami, dan belum banyak wisatawan yang datang kesini, seperti yang terlihat dimana hanya terdapat anak-a…

Bedanya Sawah di Klaten dengan di Banyumas

Beginilah kondisi perbedaan sawahnya dimana terdapat sawah yang baru saja menanam bibit padi tetapi disebelahnya sudah tumbuh tinggi padi yang dimiliki tetangga sawah :D hmmmm
Mungkin dari sini beberapa petani memiliki pemikiran sendiri-sendiri tentang apa yang mereka miliki sehingga memang berhak sekali atas tanah sawah serta pengelolaan menurut mereka jadi tidak ada salahnya pula si sebenarnya.

Dengan pola yang seperti ini tentunya hama baik wereng, tikus, keong serta burung tentunya mudah untuk mendapatkan padi ataupun tanaman padi yang menimbulkan tingkat keggalan panen tinggi, akan tetapi dri hal tersebutpun petani tentunya juga mendapatkan hasil yang menguntungkan dimana komoditi beras atau padi yang dihasilkan sedikit sehingga harga jualpun tentunya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan disaat padi ataupun beras dalam kondisi yang melimpah. Ya semuanya tentunya punya maksud dan tujuan sendiri-sendiri yang mereka lebih tahu tentang situasi atau kondisi lapangan yang ada.
Ada…

Durian Montong | Bermain di Kebon Duren

ini loh duren montong yang masih metikil hehhee bagus tidak ? aku bisa petik sendiri loh kalau dah besar durennya nanti, hmmm enak kan.
Semoga dapat sampai besar nich berdua kak aku sama adik aku ye yeyeyeye
Durian Montongnya ada banyak lihat saja tuh di atas hmmm asik-asik kita tunggu sampai matang dech besok ya..........
Eh kamu durian cepet besar ya .... biar aku bisa petik kamu dan aku makan hmmmm atau aku jual ya biar dapat fulus yeyeyeyeyyee 
hmmm kok kamu belum besar-besar ya ... kapan donk besarnya eh durian ?
aku tunggu lama banget kok belum besar juga hmmm udah deh aku tinggal saja main sama adik aku
ayo adik kita main ... hmmm aku gendong ayoo tak gendong kemana mana tak gendong kemana mana
ayo adik kok gak mau juga si hmmm kesana ayo tinggalin aja tu durian dia belom mau besar - besar juga tuh
gak mau kakak aku mau jalan sendiri gak usah digendong
gak papa ayo tak gendong biar cepet 
__________________________________________ Simak Juga & Tinggalkan Jejak
Alat Panen Pa…

Alat Pemanen Padi Modern

Ini dia penampakan dari dekat yang kemarin habis memanen padi dalam video kami di sini dan juga dalam alat pemanen padi part I kemarin, akhirnya puas juga setelah melihatnya dari dekat ternyata seperti ini to Panen padi langsung jadi gabah dan dimasukan kedalam karung, tanpa harus repot lagi melalui proses Gepyok padi atau perontokan padi dengan manual.
Kamipun ternyata baru tahu kalau sebenarnya alat tersebut tidak hanya memanen padi (ngarit padi saja) tetapi juga dari ngarit langsung menjadi gabah atau butiran beras yang masih ada kulitnya itu loh. Dalam hal tersebut tentunya alat tersebut dapat menyingkat waktu dari dua kali proses yang terjadi yaitu mengarit dan menggebyok (merontokan padi) wah sudah super ternyata ini alat, atau bahkan besok lagi bisa jadi terdapat alat yang panen padi langsung jadi Nasi Uduk hehehe, bisa deh yang panen langsung buka lapak di sawah Nasi Uduk  hangat asli dari panen sawah. Melihat kondisi perkembangan tekhnologi seperti ini kadang merasa sedih di…

Cara Mudah Menanam Cabai Rawit

Untuk mendapatkan cabai rawit yang gratis setiap harinya tentunya kita dapat menyisihkan lahan baik kecil maupun besar ataupun dengan media tanam seperti pot dan sebagainya sebagai alat untuk menanam cabai rawit sendiri.
Selain untuk kebutuhan diri sendiri kitapun dapat berbagi dengan tetangga dimana untuk satu pohon cabaipun dapat dipanen dalam beberapa kali panen sehingga kita dapat membaginya dengan tetangga-tetangga kita dan semoga memberikan hal positif tentunya.

Karena pada dasarnya pohon cabai ini mudah didapat serta mudah ditanam sehingga dimanapun tempatnya kita dapat menanamnya baik secara biasa di tanah maupun secara hidroponik yang dapat ditanam di media tanam yang berada di atas air. Dengan kemudahan serta memberikan beberapa manfaat yang tentunya membuat kita senang dan bergembira apa lagi yang suka pedas tentunya kebutuhan akan cabai dengan kondisi akhir-akhir ini harga cabai sempat melambung tinggi, tentunya solusi inilah yang tepat untuk kita memberdayakan akan budid…

Nasi Kuning dari dua anak SMA yang misterius

Alhamdulillh semoga yang memberikan Nasi Kuning beserta uborampene mendapatkan balasan dari Allah SWT amin.
Malam ini kami baru saja dari tempat mbah uti, yang jaraknya sekitar 16 km dari Kota Klaten kami bergegeas merapikan diri dan mulai aktivitas kembali untuk bekerja di malam hari. Kami mendapatkan informasi ada yang menitipkan yogurt sehingga kamipun langsung melihat idi didalam kulkas, dan menghitungnya karena utuk dijual kembali.

Tetapi apa yang kami lihat ternyata tak hanya yogurt yang dititipkan melainkan ada pula kotak box yang berisi Nasi Kuning berserta uborampene, maka dari itu kamipun bertanya kepada yang mendapatkan amanah tersebut siapakah gerangan yang memberikan box tersebut. Informasi yang kami dapatkanpun belum begitu akurat karena hanya disebutkan dua anak perempuan yang masih duduk di Sekolah Menangah Atas dengan masih menggunakan seragamnya yang memberikan serta menitipkan Nasi box tersebut kepadanya. Setelah kami lihat box ini berisi Nasi Kuning beserta uboram…

Menggembala Kambing dan Bermain di Sawah

Asiknya bermain disawaah ditemani Bapak Penggembala Kambing yang membuat kita happy dan riang gembira menikmati indahnya sore hari.

Waktu itu kami mengantar mama bersama anak-anak meunju ke tempat bordir jahitan Mas Agus Bordir yang memang rumahnya berhadapan langsung dengan sawah sehingga udara sangat sejuk segar dan sepoi sepoi tentunya.

Mas Agus memiliki anak kecil juga yang masih sekolah sehingga mereka bermain dengan anak kami bahkan mereka sangat akrab, mengajak main di persawahan mencari bunga-bunga rumput kecil serta ada satu tanaman yang mereka cari yaitu tanaman putri malu, mereka berkeliling sawah mencari tanaman tersebut hanya untuk disentuh tetapi mereka sudah merasakan kegembiraan yang luar biasa melihat keunikan dari tanaman putri malu yang jika disentuh daunya akan menutup dan seperti layu serta malu-malu, maka dari itu tanaman itu disebut putri malu.

Disawah tersebut juga terdapat beberapa kambing yang sedang digembala oleh Bapak Penggembala yang memang rumahnya tak …

Masjid At-Taqwa Tuban Kulon, Manjung, Ngawen

Masjid At-Taqwa ini berada di Dk Tuban Kulon, Ds Manjung Kec. Ngawen Kab. Klaten dan berada dipinggir jalan sidatan dari Klaten menuju ke Boyolali ataupun Semrang dan sebagainya.

Masjid At-Taqwa bentuknya yang melebar sehingga kami sebelumnya tak begitu nampak dan baru mengetahuinya setelah terdengar suara dari Imam Masjid yang sedang berkhutbah.

Masjid ini dapat menampung sekitr 120 jama'ah yang melebar sekitar 20 jama'ah dan terdapat sekitar 6 shof kebelakangnya, dan jika kita berada di dalam dan menghadap ke mimbar tentunya terasa sangat lega dan luas karena barisan yang begitu panjang akan tetapi kalau melihat kebelakang barulah terlihat hanya sekitar 6 shof saja.

Karena memang lingkungan yang padat akan penduduk membuat Masjid ini makmur dan banyak jama'ah yang datang. Ditambah dengan lokasi yang dekat jalan raya membuat banyak pula yang mampir untuk melaksanakan ibadah, hanya saja lokasi berdekatan dengan belokan membuat kadang sedikit tidak mengerti dan mengetahui …

Bunga Desember

Bunga Desember hmmmmm, walaupun bulan masih Oktober tetapi tidak menyurutkan niat ntuh si Bunga untuk berkembang, dimana musim penghujan sudah mulai datang dan membuat bunga Desember akan muncul dan mekar begitu indahnya.
Warnanya yang merah merona membuat mata enggan untuk beralih pandangan ke yang lainnya dimana bentuk yang seperti bola ini juga membuat keunikan tersendiri dibandingkan dengan bunga-bunga yang lainnya. 
Kami menginginkan beberapa bunga ini berbunga pada satu waktu sehingga nampak bola-bola bulat berwarna merah bertebaran dibeberapa tempat unik kali ya, tapi kami hanya memiliki 1 pohon saja di dalam pot.
Setelah kami melihat ini semoga tunas-tunas baru akan tumbuh dan dapat dipisahkan dari induknya untuk ditanam di tempat lain ataupun pot bunga lain yang dapat menjadikan suatu saat nanti menjadikan beberapa pohon yang berbunga dalam waktu yang bersamaan kelihatanya asik deh. Harapan mungkin lain kali kami dapat mengekspose bunga ini di tahun depan dengan beberapa bun…

Embung Kalangan

Embung ini merupakan tampungan air yang berada di Desa Kalangan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten dimana pemanfaatan aliran sungai yang kecil yang sekarang dibuat sebagai embung agar bermanfaat baik untuk warga sekitar embung maupun kedepannya sebagai lokawisata bagi masyarakat Klaten.
Berdasarkan informasi dari Bapak Fahrudin embung ini nantinya akan diberi nama "Jati Manunggal" karena kondisi disaat musim hujan sering terjadi banjir di persawahan serta kampung sekitar sedangkan di musim kemarau terjadi kekeringan sehingga pemerintah Desa Kalangan, Kecamatan Pedan, Kabupten Klaten memberikan solusi dengan membuat Embung Desa Kalangan yang akan menetralisir terjadinya banjir maupun kekeringan, dengan adanya embung ini dimaksudkan dikala musim penghujan datang air dapat tertampung di dalam embung serta dapat di alirkan secara bertahap jika terjadi hujan besar, dan disaat musim kemarau datang masih terdapat air sebagai pengairan untuk wilayah sekitar embung yang tentunya san…

Alat Pemanen Padi Modern Sudah Ada di Klaten

Alat pemanen padi modern sudah ada di Klaten jadi untuk panen padi bisa pake JAS pake DASI hehe karena tidak lagi anda terkena belet (tanah sawah yang lengket) hehehe. Tapi ya gak begitu juga kali yah, but memang adanya seperti itu si, bener-bener menggunakan alat mesin yang dinaikin seperti mobil yang turun ke sawah jadi anda gak perlu lagi kotor-kotoran.
Dari segi yang punya sawah tentunya lebih cepat dan efisien ya walau aku tak begitu paham si tentang biaya operasionalnya, dibandingkan dengan jika memanen padi dengan menggunakan tenaga manusia yang satu sawah hampir 10 orang untuk memanennya dan membutuhkan beberapa waktu yang lama. Kami melihat diwilayah Klaten nampaknya sudah begitu berkembang dengan pesat dibidang pertanian lain halnya dengan diwilayah kami dulu tinggal dimana ditempat kami sampai sekarangpun berdasarkan informasi dari paman dan uwak yang menggarap sawah mereka hanya paling dengan teknologinya di bidang pertanian yaitu traktor sawah yang sebelumnya menggunakan…

Masih ada Kerbau di Klaten

Alhamdulillah kami masih dapat menemukan kerbau yang digembalakan di sawah daerah Pilangsari, Gondang, Kebonarum, Klaten.
Kami masih dapat menemukan beberapa kerbau disini, sering kami lihat berada di persawahan untuk mencari makan, serta melihat jika lewat kandangnya yang tidak jauh dari persawahan tersebut.

Kerbau mulai jarang yang memeliharanya karena mungkin fungsi kerbau sendiri tidak lagi seperti dulu yang digunakan untuk membajak sawah petani, tetapi sekarang sudah digantikan dengan mesin pembajak sawah bertenaga mesin sehingga kerbau mulai tersisihkan dari dunia persawahan di wilayah jawa serta klaten khususnya. Dengan berkembangnya tekhnologi di dunia persawahan tentunya alat-alat tradisionalpun mulai terkikis seperti kemarin terdapat pula alat penggaris sawah yang memudahkan bagi petani, sama seperti kerbau yang tergantikan oleh traktor yang tentunya dari segi kecepatan kemudahan serta biaya operasional mungkin lebih irit efisien dan ekonomis, karena tak lagi memberikan mak…