Searching...
October 20, 2017

Bedanya Sawah di Klaten dengan di Banyumas

Beginilah kondisi perbedaan sawahnya dimana terdapat sawah yang baru saja menanam bibit padi tetapi disebelahnya sudah tumbuh tinggi padi yang dimiliki tetangga sawah :D hmmmm

Mungkin dari sini beberapa petani memiliki pemikiran sendiri-sendiri tentang apa yang mereka miliki sehingga memang berhak sekali atas tanah sawah serta pengelolaan menurut mereka jadi tidak ada salahnya pula si sebenarnya.

Dengan pola yang seperti ini tentunya hama baik wereng, tikus, keong serta burung tentunya mudah untuk mendapatkan padi ataupun tanaman padi yang menimbulkan tingkat keggalan panen tinggi, akan tetapi dri hal tersebutpun petani tentunya juga mendapatkan hasil yang menguntungkan dimana komoditi beras atau padi yang dihasilkan sedikit sehingga harga jualpun tentunya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan disaat padi ataupun beras dalam kondisi yang melimpah. Ya semuanya tentunya punya maksud dan tujuan sendiri-sendiri yang mereka lebih tahu tentang situasi atau kondisi lapangan yang ada.

Ada pula yang siap panen dan sudah panen .... begitulah kondisinya disini, dan pada dasarnya perairan ditempat ini sangatlah terjamin karena disisi sawah sudah terbuat tanggul irigasi yang siap untuk memberikan konsumsi air yang memadai bagi setiap sawah-sawah yang ada.

Berbeda dengan di daerah Banyumas yang hampir semua dikerjakan dalam selang waktu yang tidak terpaut jauh dan bahkan bersamaan sehingga nampak hijau-hijau semua dan kuning-kuning semua, dengan harapan tingkat gagal panen sedikit, karena dengan produksi yang banyak tentunya untuk hama yang menyerang baik tikus, keong, wereng serta burung tidak mungkin dapat mengkonsumsi/menghamakan padi itu seluruhnya karena kondisinya yang sangat banyak. Akan tetapi dari segi ekonomisny tentunya berbanding selaras dimana dengan adanya padi atau beras yang melimpah membuat nilai jual yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan disaat kelangkaan padi atau beras itu sendiri.
______________________________________
Simak Juga & Tinggalkan Jejak

______________________________________

Dengan beberapa inovasi yang ada tentunya membutuhkan pula perkembangan teknologi yang dapat meningkatkan produktifitas dari hasil panen itu sendiri seperti halnya Alat Pemanen Padi Modern yang sudah mulai merambah ke pedesaan-pedesaan diwilayah kota besar maupun kecil dan informasi dapat diperoleh dari mbah google serta deskripsi-deskripsi yang berhubungan dengan wikipedia

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!