Breaking News

Fungsi Kepiting di dalam Ekosistem

Tak disangka kepiting yang kelihatan mengerikan dengan tangan japitnya yang siap menjapit siapa saja yang mengganggunya tetapi memiliki banyak sekali manfaat bagi dunia ekosistem dimana memang kepiting ini dapat mengurai dedaunan yang berada di tanah dengan memakannya dan menjadikan sebuah faeses yang tentunya mudah untuk mempercepat sebuah penguraian dibandingkan dengan dibiarkan.

Tak hanya itu selain mempercepat dalam penguraian kepiting ini juga sering melobangi tanah atau apa saja yang menjadi habitatnya yang membuat tanah itu menjadi subur karena terdapat oksigen yang masuk kedalam tanah, dan mejadikan tanah gembur serta subur. Hanya saja untuk persawahan kadang seolah-olah menjadikan hama bagi manusia dimana dapat menggerogoti melobangi selokan mereka tetapi maksud hati dari kepiting tersebut tentunya tidak seperti itu, yaitu hanya ingin menjadikan tanah itu gembur dan mengandung banyak oksigen yang masuk ke dalam tanah, yang membuat tanah akan menjadi subur.



Anak-anakpun suka sekali bermain dan melihat kepiting baik di hutan bakau, pesisir pantai, maupun di sawah dekat rumah mereka, dan bahkan kadang mereka sedikit menyiksa hehehe karena mengambil kepiting dari habitatnya untuk di jadikan mainan. Karena saking asiknya kadang membuat kepiting mungkin merasa pusing dan lelah serta bahkan mati, dan disitulah kadang merasa sedih, anak - anak harus tahu bagaimana fungsi kepiting dalam sebuah ekosistem agar mereka paham betapa pentingnya hewan atau apa saja yang di bumi ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang menjaga akan keseimbangan bumi kita ini.

Simak Juga & Tinggalkan Jejak


Harapan dengan mengetahui keberadaan serta fungsi dari sebuah ekosistem tersebut membuat kita tidak semena-mena dalam mengambil ataupun memanfaatkan berbagai hewan maupun tanaman yang ada agar kelestarian lingkungan ini tetap terjaga serta menjadikan anak cucu kita nanti dapat menikmatinya selayaknya kita dimasa kini.


No comments