Skip to main content

Budidaya Pepaya California

BUDIDYA TANAMAN BUAH PEPAYA CALIFORNIA

    Buah pepaya adalah buah yang sangat dibutuhkan kebanyakan masyarakat luas, khususnya yang sudah lanjut usia dan sebagian orang yang rata-rata mengalami gangguan kesehatan pada organ-organ pencernaan. Buah pepaya merupakan buah berserat selain pisang yang banyak dianjurkan oleh para tenaga medis/kesehatan bahkan dokter untuk dikonsumsi sebagai pembantu proses pencernaan yang mana orang yang punya kadar gula tinggi bisa aman mengkonsumsi tetapi apabila buah pisang sangat dilarang, untuk karena itu kebutuhan buah pepaya kedepan sangat dibutuhkan masyarakat banyak sehingga untuk daya beli masyarakat sangat tinggi serta rata-rata harga dari buah pepaya tetap stabil dan semakin meningkat apalagi dengan kwalitas buah pada lahan sekitar depan SMP Negeri Gobeh Ngadirejo Wonogiri sudah teruji buah dari hasil tanam petani sekitar lahan (Mbak Tinem, dan Mas Heri Wonorejo dengan perawatan yang kurang intensif)
    Tanaman Pepaya bisa di tanam disegala lahan, baik dataran rendah maupun dataran tinggi dan apabila lahan di Gobeh yang tadinya tegalan ditingkatkan menjadi perkebunan dengan perawatan dan pemeliharaan serta pengamatan yang sangat intensif akan memberikan hasil yang optimal. Dalam hal ini penulis berharap agar masyarakat khususnya Bapak dan Ibu pemilik lahan yang saya sebutkan di atas bisa dan berkeinginan untuk menindaklanjuti merubah pola tanam, pola berfikir, mengajak masyarakat Wonogiri pada umumnya secara tidak langsung dan tanggung-tanggung yang tadinya petani naluri (habitus lama) yang selalu menanam dengan tanaman tegalan jagung dan ketela perlu kita ingat lagu dari Koes Plus “tanah kita ini tanah surga tongkat dan kayu bisa menjadi tanaman” dengan dipelihara dan dirawat secara intensif tentunya akan. menjadikan petani yang handal (sukses), juga memberikan nilai produktifitas hasil sangat tinggi (optimal) dari tanah tersebut.
    Penulis bisa mengucapkan selamat mencari nilai tambah dan semoga berhasil, lancar, dimudahkan, dan menjadikan berkah barokah ..... Amin Ya Rabb.



LANGKAH - LANGKAH KERJA TANAM PEPAYA CALIFORNIA

Jarak Tanam ideal 2,5 x 2,5 meter, jarak yang sangat ideal 2,5 x 3 meter, tanaman pepaya mulai dapat di panen/dipetik mulai 8 (delapan) bulan sampai dengan 2, 5 / 3 tahun masa produktif dengan catatan dirawat dengan diperhatikan nutrisi + air yang dibutuhkan tanaman tersebut tercukupi.

Tahapan – tahapan :
1.    Olah lahan
2.    Tanam
3.    Perawatan / pemeliharaan
4.    Pengamatan rutin
5.    Panen
6.    Pasar

1.    Olah lahan
2.    Tanaman
Tanaman bisa dilakukan dengan pola tanam tumpang sari :
a.    Cabai
b.    Kacang
c.    Semangka
d.    Melon
e.    Jagung

3.    Perawatan/pemeliharaan
Jarak tanam menyesuaikan lahan dan ditentukan dari awal pupuk dasar untuk lahan depan SMP Gobeh Ngadirejo Pondok, Kec. Ngadirojo, Kab. Wonogiri dengan luas lahan 8.000 meter mempunyai jumlah tanaman kurang lebih 1.280 tanaman TPC (Tanaman Pepaya California)
Anggaran biaya yang dibutuhkan :
1 TPC = 40.000
1.280  TPC = 51.000.000
Bulan pertama sampai dengan bulan ketiga dengan jumlah tanaman 1.280 nutrisi yang dibutuhkan :
Pupuk Dasar : Pupuk Makro SP36 (Fertiphos) umur 15 hari 10 gram, NPK mutiara 30 gram, Pupuk Kandang yang sudah difermentasi.
Untuk Pupuk Mikro  diberikan setiap 2 minggu sekali, sekaligus obat fungisida + insektisida.
Buln keempat, lima, dan enam SP36 30 gram, NPK Mutiara  50 gram, untuk pemberlakuan pupuk mikro + obat sama.
Bulan ketujuh, delapan dan sembilan SP36 50 grm, NPK Mutiara 80 gram, untuk pemberlakuan pupuk mikro + obat sama
Kebutuhan untuk 1.280 TPC dari tanam sampai panen Pupuk Makro, SP36 550 kg, NPK Mutiara 750 kg, Pupuk kandang : secukupnya ( 3 truck dump), KCL 100 kg, Kapur Dolomit 100 sak.
Kebutuhan untuk 1.280 TPC dari tanaman sampai panen Pupuk Mikro berunsur hara P+K, Obat, Fungisida = Sistemik = Nativo + Antrakol, Insektisida sistemik = Avidor + Dangke + Perekat.

4.    Pengamatan rutin
Untuk pengamatan dilakukan maximal 2 hari sekali, untuk mengetahui adanya serangan hama dan gejala penyakit diketahui secara dini dan apabila terjadi serangan dapat segera dilakukan penanggulangan agar tanaman dapat dipanen dengan hasil yang optimal sesuai dengan yang diinginkan.

5.    Panen
Setelah bulan ke delapan sudah mulai panen, panen dilakukan setiap enam hari sekali adapun perawatan dan pemeliharaan yang intensif untuk jumlah 1.280 TPC mempunyai hasil :
Petik Pertama     : 300 kg    selang 6 hari
Petik Kedua    : 700 kg    selang 6 hari
Petik Ketiga    : 1.000 kg    selang 6 hari
Petik Keempat    : 2.000 kg    selang 6 hari
Petik Kelima    : 2/000 kg    selang 6 hari
Petik Keenam    : 2.000 kg    selang 6 hari dan panen berikutnya.
Tanaman TPC pada saat umur 9 (sembilan) bulan sudah mempunyai hasil 6 ton
Dengan nilai jual @Rp 2.500/kilo jadi pada bulan 9 (sembilan) hasil panen :
Rp 15.000.000,-.
Pada bulan berikutnya setiap bulannya bisa petik kurang lebih 10 ton                (Rp 25.000.000) dan begitu seterusnya hasil panenan bulan-bulan berikut.

6.    Pasar
Pemasaran dari harga Rp 2.500/kilo sudah termasuk jasa petik. Dan para pedagang sangat banyaknya untuk mendapatkan buah tersebut dikarenakan sangat relatif para petani yang melihat dari hasil panen buah tersebut.

Akhir kata kami ucapkan selamat mencari nilai tambah untuk pendapatan rutin bulanan, dengan sekali tanam dikarenakan usia tanaman pepaya california tersebut masih produktif sampai umur 2,5 – 3 tahun.

Ceritane kiye wingi ana sing njaluk di ketikna bapak-bapak ... lah tapi cocok nggo di bagi sapa ngerti bermanfaat tentang cara budidaya kates california, pepaya california yang tentunya keuntungane menggiurkan lah ya mbok.

disitulah yang kulihat dan yang kudengar

Comments

  1. Dulu pernah ada pohon pepaya dirumahku, tapi setelah dapat masukan info dari beberapa orang katanya tabu kalau ditanam di halaman pekarangan rumah, jadilah ditebang.

    Sekarang cukup beli di pasar saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok sama, aku juga punya dulu bang Himawan sant, ini mau tak cari fotonya tapi kok dmna gitu makanya ini artikel kurang foto :D ... terus kemarin ada yang minta di ketikin untuk sebagai semacam proposal itu sebenarnya ke petani

      Delete
  2. kok sama, aku juga punya dulu bang Himawan sant, ini mau tak cari fotonya tapi kok dmna gitu makanya ini artikel kurang foto :D ... terus kemarin ada yang minta di ketikin untuk sebagai semacam proposal itu sebenarnya ke petani

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian Softcopy dan Hardcopy

Softcopy dan Hardcopy adalah format atau bentuk dari sebuah file dan memiliki pengertian sebagai berikut :
Softopy adalah sebuah format file yang masih mentah dan dalam bentuk file didalam komputer dalam bentuk format seperte Ms. Word (.doc), Ms Exel (.Xlsx), Corel dan format-format lain dalam sebuah program yang masih bisa diolah alih kedalam bentuk yang lebih sempurna baik dikurang maupun ditambah.
Hardcopy adalah sebuah format file yang sudah atau telah tercetak dalam bentuk print atau cetak lainnya.
Untuk penyimpanan Softcopy karena masih dalam bentuk file komputer sehingga bisa disimpan dalam CD / DVD, bisa juga dalam Flashdisk seperti yang terlihat dalam gambar tersebut disamping, bisa juga sekarang banyak penyimpanan Softcopy dalam Hardisk External dan seiring dengan berkembangnya jaman Softcopy bisa dikirim lewat e-mail atau sejenisnya melalui Internet.
Sedangkan untuk Hardcopy biasa dalam bentuk PRINT / CETAK yang kita bisa gunakan seperti untuk berkas melamar pekerjaan dan …

CONTOH SURAT PERMOHONAN IMAM DAN KULTUM SHALAT TARAWIH