Searching...
January 23, 2019

Fenomena Alam Merapi dan Merbabu Bertopikan Awan Putih


Pagi ini pada hari Rabu tanggal 23 Januari 2019 terjadi Fenomena Alam yang sangat menarik dimana Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu memiliki Topi Putih yang menutupi seluruh Puncak Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Walau di tempat kami sedikit mendung dan nampak seperti mau turun hujan tetapi pemandangan ini masih dapat terlihat dari kejauhan, mungkin kejadian ini tidak begitu sefenomenal yang terjadi pada gunung Semeru pada beberapa bulan terakhir dan juga tidak begitu diperhatikan oleh penduduk sekitar atau kaki gunung ini, tetapi seperti kami yang jauh dari gunung merasakan bagaimana keindahan alam yang terjadi seperti pagi ini yaitu Gunung yang bertopikan awan putih.

Menurut beberapa informasi jenis awan yang membentuk topi di puncak Gunung adalah jenis altocumulus lenticularis atau awan lenticular, awan ini dapat terbentuk karena adanya pusaran angin yang berada di puncak gunung itu sendiri. Karena berada jauh di atasnya lagi juga terdapat awan besar yang seperti uvo ini sebenarnya memang tidak begitu mencengangkan tetapi keindahan ini patut kita nikmati karena bentuk-bentuk awan yang seolah-olah dapat membentuk apa yang kita pikirkan, karena sudut pandang yang pas dari tempat kita berada.

Simak Juga & Tinggalkan Jejak

Kita tak perlu mengkait-kaitkan bentuk-bentuk awan yang ada dengan beberapa hal-hal yang tidak perlu kita kaitkan karena pada dasarnya ada teori ilmiah yang dapat menjelaskan itu semua. Dengan itu kita perlu melestarikan dan juga menjaga keindahan dan juga keberagaman yang ada di gunung seperti tumbuhan hewan maupun yang lainnya perlu kita jaga agar anak-cucu kita dapat menikmati keindahan alam yang sama seperti kita lihat seperti saat ini.

disitulah yang kulihat dan yang kudengar

2 komentar:

  1. Iya mas.. awan lenticularis kali dalam dunia meteorologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang kameranya tak sebagus DSLR hehehe tak begitu nampak ... padahal lucu loh kayak pak tani pakai caping

      Delete

 
Back to top!