Searching...

Masjid Muslimin Giri Purno 1251 H / 1862 M


Masjid ini terlihat dipapan nama berlokasi di Wedi akan tetapi menurut jamaah masjid Muslimin ini berada di Palagan Jogonalan. Masjid Muslimin Giri Purno memiliki arsitektur yang terlihat tua sesuai dengan petunjuk tahun yang tertera pada simbol di atas pengimaman masjid Muslimin Giri Purno tersebut yaitu pada tahun 1251 H dan 1862 M.

Memiliki tembok yang tebal serta berada sedikit lebih tinggi dari lokasi disekitarnya, membuat lebih asri dan sejuk, terlihat pula seperti prasasti atau tanda di halaman masjid yang bertuliskan aksara Jawa sehingga kami susah memahaminya hanya ada tahun 1871 dibagikan kanan dan 1940 dibagian kiri, mungkin ini adalah pemugaran nya agar terlihat lebih rapi dan terjaga.

Disini juga masih terdapat bedug dan juga kentongan yang besar dan terlihat rapuh, karena pada masanya belum ada pengeras suara sehingga menggunakan bedug ini untuk memanggil jamaah agar segera datang ke masjid karena suara bedug lebih keras dibanding teriakan manusia apa lagi diwaktu dulu rumah rumah juga berjauhan karena lahan masih luas sehingga ini alternatif yang baik untuk memanggil walau tetap panggilan adzan lah yang utama.

Lokasi yang sedikit masuk dari jalan raya Klaten Wedi sekitar 100 - 200 meter membuat suasana terdengar lebih sunyi dari kebisingan kendaraan. Masjid yang kami perkirakan dapat menampung 160 an jamaah ini terlihat sekali dihari Jumat jamaah tetap nyamanan untuk beribadah dengan penuhnya jamaah yang hadir.


Semoga jamaah dapat terus menjaga dan merawatnya dengan baik dan maximal sehingga cucu cucu kita nantinya dapat merasakan beribadah di masjid yang sudah tua ini, serta dapat menambah keimanan kita amin. Teringat khutbah jum'at imam masjid Muslimin Giri Purno perbanyaklah istighfar dan juga dzikir di bulan ramadhan serta pagi dan petang, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!