Skip to main content

Posts

Showing posts with the label KULINER

TEMPE MENDOAN KHAS BANYUMAS di JALAN JOGJA-SOLO

Tempe Mendoan merupakan salah satu olahan yang berbahan dasar tempe, memiliki kekhasan dengan olahan yang lain yaitu dengan bumbu-bumbu dasar yang khas banyumasan serta memiliki tekstur yang tipis sehingga tidak diperlukan waktu yang lama dalam sebuah penggorengan, adapun kata mendoan itu sendiri berasal dari kata "mendo" yang bermakna setengah matang dengan cara digoreng sebentar, akan tetapi sebenenarnya juga matang karena memang teksturnya yang tipis sehingga mudah dah cepat matangnya.
Baca juga : Masjid Darunnawaa, Ambal, Kebumen Setelah hampir 9 (sembilan) tahun kurang 3 (tiga) bulan akhirnya kami menemukan olahan mendoan yang khas dan asli dari Banyumas di daerah Klaten dan tepatnya di Jalan Jogja - Solo samping Pasar Kraguman Jogonalan Klaten dan jika anda dalam perjalanan dari Jogja menuju Solo berada sebelum Pabrik Gula Gondang Winangoen, begitu sebaliknya jika anda dari perjalanan Solo menuju Jogja berada setelah Pabrik Gula Gondang Winangoen.
Baca juga : Ikan Koi…

NILA MERAH CANGKRINGAN, YOGYAKARTA

Nila Merah sangatlah menarik karena memang warnanya yang mencolok sehingga membuat kita merasa terus dapat mengamati ikan tersebut berenang kesana kemari walaupun dalam kondisi air yang keruh.
Baca juga : Masjid Al-Madinah Jogonalan Klaten Ikan Nila Mera Cangkringan ini juga memiliki karakter yang berbeda dimana ikan - ikan Nila Merah ini akan terus bergerak kesana kemari dengan cara bergerombol sehingga mungkin karakter seperti inilah yang membuat Ikan Nila Merah dari Cangkringan tahan akan penyakit, karena mereka selalu bergerak hehehe seperti halnya orang yang rajin berolahraga, membuat badan kuat dan sehat tidak mudah terserang penyakit.
Baca juga : Masjid Al-Amin Gantiwarno Klaten Nila Merah sendiri juga memiliki banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh, karena harganya yang relatif terjangkau sehingga masyarakat lebih memilih Ikan Nila Merah dibandingkan dengan seperti Ikan Gurame yang memiliki nilai jual yang tinggi, mungkin dari segi ekonomis tersebutlah yang membuat N…

CAKE TIWUL

Satu lagi olahan berbahan dasar singkong yang sudah melegenda yaitu Tiwul, hanya saja sekarang lebih dibuat agar lebih menarik serta dibuat lebih ukuran kecil dimana mudah untuk dimanakan dan tidak membuat perut merasa kekenyangan dan cocok untuk mencobanya yaitu Cake Tiwul berukuran cup kecil.
Baca juga : Masjid Sabilillah BTC Solo Tiwul yang biasa kita jumpai di daerah Gunung Kidul Yogyakarta yang berbentuk seperti gunung itu hmmm anda pasti tidak habis untuk makan dalam satu porsi gunung iya kan? apa habis waaah kalau habis tentunya anda kelaparan wkekwekwek hehehe atau memang peminat dari Tiwul tersebut. Tapi dengan adanya cake tiwul ini anda dapat menikmati kenikmatan tiwul dengan mudah dan sekarang dapat ditemukan di snack-snack yang ada disekeliling kita serta bentuknya bunga-bunga yang menambah daya tarik untuk kita santap.
Baca juga : Masjid Agung Drono Klaten Menggunakan bahan dasar singkong yang membuat negara kita ini sebenarnya kaya sekali akan bahan pangan seperti yang …

IKAN GURAME KOLAM TERPAL

Bagaimana bisa setiap pagi di pancing tidak habis ? sedangkan antara pertumbuhan dengan hasil pancing lebih banyak yang dipancing ? hmmm tentunya kita perlu melestarikan dengan memberikan bibit baru dan menangkap yang berukuran besar seperti ini serta membiarkan atau melepas kembali hasil pancingan yang berukuran masih kecil betul tidak ?
Baca juga : Masjid Ar-Rahman Nglarang, Basin, Kebonarum Klaten Melihat pola mudik kami yang selalu menginginkan mengkonsumsi ikan tentunya membuat kami berpikir ulang bagaimana kita dapat makan ikan dan tidak habis-habis ikan yang berada di kolam, dengan tujuan lain adalah agar ikan tetap lestari serta kita dapat menikmati hasilnya dan bahkan tak hanya ikan yang dihasilkan tetapi pulus hehehe bisa bisa, kedepannya perlu kita mudik tidak kosongan tetapi diharuskan atau dihimbau untuk membawa bibit ikan agar dapat ditebar di kolam ikan yang berada disana.
Baca juga : Bakar Ikan Patin dan Munjair Kesukaan kami sekeluarga untuk memancing kadang tidak be…

Ikan Patin dan Ikan Munjair Bakar

Mempersiapkan Kayu Bakar serta alat untuk membakar, karena tidak memiliki arang untuk menjadikan sebuah bara api, tetapi kita berada di desa sehingga kamipun mudah untuk mendapatkan kayu bakar, hanya saja jika anda membakar dengan kayu bakar akan nampak terlihat seperti digambar di atas dimana api menyala dengan besar dan menyebabkan menjadi mudah gosong dan tidak matang sampai kedalam dagingnya, jadi perlu kita memberikan jarak yang baik. Baca juga : Masjid Asy Syams Kulonprogo
Kita biarkan api melahap kayu bakar sehingga  dapat membuat bara api yang kita inginkan karena yang kita butuhkan adalah bara apinya saja yang tentunya menyengat serta dapat membakar rata dan sampai ke dalam dagingnya tetapi tidak menimbulkan kegosongan pada ikan yang akan kita bakar tersebut. Baca juga : Dermaga Pantai TPI dan Logending / Ayah
Kita perlu menambahkan beberapa kayu bakar kembali untuk membuat bara cepat dibuat, sembari kita menyiapkan ikan yang akan kita bakar, dan ikan telah kami siapkan dibela…

Mangga Manis Di Kupas Jaman Now

Pola atau cara kupas seperti gambar disamping ternyata sudah mendarah daging untuk jaman sekarang dimana memang terdapat salah satu jenis mangga yang dikombinasikan dengan buah alpukat sehingga menjadikan buah yang manis serta mudah untuk dikupas tanpa tangan kita menjadi lengket dan sebagainya.
Baca juga : Bukit Patrum Krakitan Bayat Setelah mengupas seperti gambar tersebut kita dapat makan buah mangga tersebut dengan sendok atau semacamnya sehingga benar-benar mudah dan tidak belepotan baik di tangan maupun dibibir/mulut kita. Apalagi bagi anak kecil tentunya sangat memudahkan dan menjadikan mereka menyukai buah mangga tersebut yang biasanya malas utuk memakannya karena tangan menjadi kotor sekarang tak lagi seperti dulu, apa lagi dengan mangga yang sudah masuk ke kulkas ini jadi tekstur sedikit lebih keras dan mudah untuk diambil daging buahnya. Semoga teknik seperti ini dapat dinikmati oleh penduduk kampung yang belum  mengetahui informasi tersebut lewat internet yang beberapa la…

Mie Ayam "SELERA" Klaten

Siapa yang tidak kenal dengan Mie Ayam ? tentunya hampir semua pernah melihat, merasakan, dan mengidam-idamkan yang namanya Mie Ayam hehe apa lagi dengan kondisi mendung seperti ini penginnya yang hangat ditemani segelas teh hangat atupun jeruk hangat sungguh nikmatnya. Baca juga : Kupu-kupu Turi
Harga yang ekonomis dan tidak membuat kantong kempes tentunya yang membuat Mie Ayam ini berdiri dimana - mana dan mereka membuka usaha yang modal yang tidak begitu besar tetapi banyak peminatnya, kami pribadi pernah selama 1 (satu) tahun hidup bersama kaka yang berjualan Mie Ayam keliling sehingga tahu bagaimana cara membuat dan sebagainya karena setiap pagi kami membantu untuk mempersiapkan itu semua dan mengambil bahan-bahan yang didapatkan. Mengenang masa-masa lampau nampaknya mengingatkanku pada kaka sepupuku yang jauh disana karena memang kami sekarang tak lagi di kampung tempat kelahiran dulu, tetapi sesekali kamipun mengunjungi kaka yang disana dan sayangnya disaat kami kesana kaka se…

Durian Montong | Bermain di Kebon Duren

ini loh duren montong yang masih metikil hehhee bagus tidak ? aku bisa petik sendiri loh kalau dah besar durennya nanti, hmmm enak kan.
Semoga dapat sampai besar nich berdua kak aku sama adik aku ye yeyeyeye
Durian Montongnya ada banyak lihat saja tuh di atas hmmm asik-asik kita tunggu sampai matang dech besok ya..........
Eh kamu durian cepet besar ya .... biar aku bisa petik kamu dan aku makan hmmmm atau aku jual ya biar dapat fulus yeyeyeyeyyee 
hmmm kok kamu belum besar-besar ya ... kapan donk besarnya eh durian ?
aku tunggu lama banget kok belum besar juga hmmm udah deh aku tinggal saja main sama adik aku
ayo adik kita main ... hmmm aku gendong ayoo tak gendong kemana mana tak gendong kemana mana
ayo adik kok gak mau juga si hmmm kesana ayo tinggalin aja tu durian dia belom mau besar - besar juga tuh
gak mau kakak aku mau jalan sendiri gak usah digendong
gak papa ayo tak gendong biar cepet 
__________________________________________ Simak Juga & Tinggalkan Jejak
Alat Panen Pa…

Musim Mangga

Musim Mangga telah tiba dimana tedapat dimana-mana orang berjualan mangga, baik di pasar, di pinggir jalan, bahkan ada pula yang keliling-keliling untuk menjajakan mangga ke pelosok kampung dan gang-gang di kompleks perumahan. Rasanya yang manis serta empuk nampaknya membuat semua orang menyukainya, bahkan tidak jarang seseorangpun menanam pohon mangga baik di depan maupun di belakang rumahnya, agar dapat memanennya sendiri.
Selain di makan langsung mangga juga dapat dibuat Jus dan bisa ditambah dengan varian lain agar menjadi sebuah makanan yang enak untuk dinikmati, bahkan ada beberapa orang yang tidak suka makan buah-buahan akan tetapi jika sudah berbentuk jus mereka menyukainya, disitulah dimana orang dapat menikmati buah dengan berbagai varian olahan yang dapat membuat mereka menyukai untuk mengkonsumsinya sebagai tambahan vitamin di dalam tubuh, yang membuat tubuh menjadi sehat dan semangat.

Buah dapat dinikmati enaknya di siang hari dimana pencernaan sudah terisi karena rasany…

LOTEK Stadion Trikoyo Klaten

Lotek merupakan salah satu makanan khas di wilayah jawa yang berisi sayuran mateng dan juga mentah dengan bumbu kacang, hampir-hampir sama dengan pecel, akan tetapi untuk Lotek sendiri bumbu diolah ndadak di dalam layah sehingga berbeda dengan pecel yang bumbu sudah disiapkan dan hanya dituangkan kedalam sayurannya.
Salah satu Lotek yang kami kunjungi adalah Lotek Mbak Nanik yang berada di Lingkup Stadion Trikoyo Klaten, apalagi dengan olahan bumbu kacang yang dipadukan dengan Gula Merah Super dari kami yang berasal dari Banyumas menambah khas dan nikmat dari Lotek tersebut. Mungkin rasa bisa dibilang relatif akan tetapi apa yang kami rasakan memang selaras dengan apa yang menjadi keinginan kami dimana kami sedang membutuhkan sayuran dan kami suka akan sayuran, sehingga dengan adanya olahan Lotek ini serasa benar-benar tepat untuk dikonsumsi.

Apalagi dengan penyajian menggunakan piring anyaman yang didasari dengan daun pisang menambah kesan yang begitu padu dan indah dipandang. Karen…

BAKMIE GORENG NYEMEK KLATEN

Bakmie Goreng Nyemek Klaten berada di depan Masjid Jami At-Taawun dan berada tepat di sebelah kanan Kantor Notaris Era Yustika Adillah, SH, M.Kn merupakan salah satu makanan favorite bagi kami karena memang mengenang akan Bakmie Nyemek yang ada di wilayah kami berasal yaitu di Banyumas yang disana terdapat Bakmie Nyemek Bu Seto  dimana terdapat beberapa kemiripan yaitu dengan Mie nya yang pipih berbeda dengan mie goreng yang lainnya yang berada di Klaten dimana mie nya tetap mie bulatan tak nampak pipih seperti di gambar disamping.
Mie yang pipih nampaknya menambah sugesti tersendiri bagi kami, dimana kami memang menyukai mie yang pipih serta lebar yang membuat gairah untuk makan tambah semangat tentunya. Mungkin itu selera si ya dimana ada yang suka dengan mie bulat ada pula yang mie pipih, dan lagi ada yang suka dengan miehun tetapi bagi kami untuk miehun kurang begitu favorite ya itu kembali lagi ke selera masing-masing.
Tak heran jika kami bersama Pak Tukimin dengan lahap menghab…

Buah Kolang Kaling di Tepi Jurang Sabrangan Logede Karangnongko Klaten

Buah dari Pohon Aren yang biasa kita sebut dengan Kolang Kaling tentunya sering kita nikmati dikala bulan Ramadhan telah tiba sebagai olahan kolak bubur dan sebagainya. Seperti yang kami lihat di dukuh Sabrangan desa Logede kecamatan Karangnongko kabupaten Klaten serta berada dipinggir Jurang yang tertutup oleh rimbunnya pohon bambu serta semak-semak.
Disitulah nampak kami lihat beberapa pohon aren yang sedang berbuah dengan lebatnya, karena pada dasarnya memang buah aren atau yang biasa kita sebut kolang kaling ini sangatlah lebat dan bergerombol banyak seklai, ditambah pula dengan posisinya yang berada di tepi jurang tentunya membuat warga sekitar tidak berani mengambilnya dan hanya orang-orang tertentu yang dapat mengambil yang sudah paham akan medan dari lokasi tersebut.
Dengan kondisi tanah yang cocok untuk pertanian pohon aren baik dimanfaatkan sebagai gula aren maupun kolang kalingnya tentunya warga sekitar dapat menanam pohon aren dalam jumlah banyak yang akan dapat memberika…

GULA MERAH SUPER | Stok Terbatas 085793750806

Seiring berkembangnya pertumbuhan manusia membuat lahan pertanian yang ada menjadi menipis, begitu pula dengan produksi gula kelapa yang sebelumnya melimpah dimana-mana terdapat pohon kelapa, akan tetapi untuk saat ini makin tergerus oleh pertumbuhan perumahan-perumahan.
Tak hanya itu masalah lahan yang membuat produksi gula kelapa makin menipis, sebab permasalah lain adalah dimana tidak lagi ada penerus pengrajin atau pembuat atau petani gula kelapa dari kalangan pemuda, karena yang kami lihat adalah sudah berusia sepuh yang menjalankan kegiatan pengolahan gula kelapa ini. Sedikitnya penerus yang mampu dan mau sebagai pembuat gula kelapa yang sangat berdampak terhadap kelangkaan produksi karena orang yang sudah tua nampaknya sudah tidak lagi strong tak lagi lihai serta lincah dalam memanjat pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi ke angkasa. _____________________________________ Simak Juga & Tinggalkan Jejak
Alat Penggaris Sawah Praktis & Mudah Mancing Ikan Mujair Kak Iney Nge…

Mancing Ikan Mujair

Suasana pedesaan nampaknya sangat terasa di kampung ini, dimana kita di pagi hari belum dapat menemukan makanan yang tersedia dan berkeliling di jalan-jalan, akan tetapi tidak mengurungkan niat kita untuk mengolah makanan dari hasil kebun sendiri, dimana untuk pagi hari ini kita memancing ikan mujair sebagai lauk di pagi hari ini, serta sayur mayur yang diambil dari kebun dimana terdapat daun singkong, gori atau nangka muda, kangkung darat, jantung pisang, serta berbagai macam sayuran yang diperoleh dari kebun sendiri, karena memang kondisi yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan sayur yang praktis seperti di kota kota, dan kami harus menanam sendiri sayuran tersebut serta mengolahnya untuk kebutuhan makan sehari-hari.
Selain sayuran terdapat pula beberapa lauk seperti Ikan serta Ayam yang dipelihara sendiri dimana kita bisa mengambil ikan serta ayam sebagai lauk kita dalam memberikan konsumsi sumber protein hewani, Ayam yang berada di rumah mbah kakung sengaja selain diperuntukan …

Kak Iney Ngevlog | Durian Pisang Kelapa Ketela

Pagi hari yang sedikit mendung tidak mengurungkan niat kami untuk bermain sembari melihat-lihat lingkungan disekitar rumah kakek dan nenek kami yang biasa kami panggil dengan mbah kakung dan mbah uti, kami bermain di belakang rumah mbah yang penuh dengan pepohonan serta salah satu yang paling menarik perhatian kami adalah berbuahnya pohon Durian, dimana terlihat beberapa buah yang sudah mulai membesar dan kemungkinan beberapa bulan lagi akan di panen.
Tak hanya buah Durian yang ada di belakang rumah tetapi terdapat pula buah pisang yang sudah mulai berbuah juga, serta singkong atau ketela pohon dan satu lagi ada pohon cengkih, akan tetapi nama buah terakhir bukan untuk dimakan ya buah cengkih itu digunakan sebagai rempah - rempah serta campuran dalam produksi makanan.
________________________________ Simak Juga & Tinggalkan Jejak
Hamparan Buah Semangka Metamorfosis Kupu-Kupu Umbul Brintik Klaten
________________________________
Dilihat dari ukuran buah Durian yang sudah mulai membes…

HAMPARAN BUAH SEMANGKA

Musim Kemarau nampaknya tidak mengurungkan niat para petani untuk mengolah sawah mereka agar dapat menghasilkan produksi pertanian yang dapat menambah perekonomian serta pengolahan sumber daya yang ada dan bermanfaat pula bagi orang lain.
Seperti yang terlihat di samping bahwasanya hampir sebagian sawah di musim kemarau ini, dengan perairan yang menipis, akan tetapi sawah ini dapat diolah oleh para petani yang baik hati digunakan untuk penanaman buah semangka, yang tentunya sangat dibutuhkan disaat-saat kemarau seperti ini, dimana buah semangka tersebut memiliki kandungan air yang melimpah sehingga dapat mengurangi kehausan yang melanda di bulan kemarau ini. Dan para petani tentunya berjasa banyak dalam hal pengolahan makanan dimana telah menghasilkan buah semangka dengan kandungan air yang dapat membuat masyarakat atau orang yang mengkonsumsinya tidak merasa kehausan.
Hamparan luas tanaman buah semangka tersebut berada di wilayah Desa Kunceng, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten diman…

SOP Brokoli Kentang Wortel | Toping Tomat Brambang Goreng

Sarapan pagi tentunya dilakukan oleh hampir sebagian besar orang di dunia ini, agar kita dapat mengawali aktifitas di pagi hari dengan penuh semangat dan tentunya tenaga yang full.
Untuk mengawali rutinitas di pagi hari tentunya membutuhkan energi yang banyak sehingga kita dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan penuh dengan semangat juang yang tinggi hehehe :D. Apa lagi SOP merupakan komposisi yang pas dimana di dalam SOP terdapat sayuran yang berbagai macam manfaat dan kandungannya serta bisa ditambah pula dengan lauk berupa daging atau sebagainya sehingga komplit dalam sebuah masakan terdapat empat sehat dan yang kelima disempurnakan dengan minum SUSU, akan tetapi orang dewasa kadang sering bahkan sama sekali tidak minum SUSU digantikan dengan Teh atau bahkan Kopi yang katanya bisa bikin melek di pagi hari hehe.
Jenis olahan SOP dirasakan segar dan tentunya menghangatkan badan serta sangatlah cocok dimakan di pagi hari ataupun di tempat-tempat yang berudara dingin, dimana membut…

HUT KLATEN DIMERIAHKAN 150 ANGKRINGAN GRATIS

Malam Jum’at yang sedikit mendung sehingga suasana bagitu sejuk dan nyaman untuk jalan-jalan di tengah kota Klaten, dimana malam ini Hari Jadi Klaten yang dimeriahkan oleh 150 Angkringan Gratis sepanjang Jalan Pemuda mulai dari Perempatan / Proliman Lampu Merah Matahari sampai Tugu Adipura Pemda Klaten.
Acara diselenggarakan pada pukul 18.00 sampai jam 22.00 sehingga Jalan Pemuda memang sengaja di tutup dan di alihkan lalu lintas kendaraannya dan hanya diperuntukan untuk pejalan kaki yang ingin menikmati Angkringan Gratis tersebut. Seperti halnya Car Free Day di hari Minggu suasana sepanjang jalan terasa desak-desakan, tetapi tidak menyurutkan antusias warga Klaten untuk merayakannya apa lagi memang menikmati makanan gratis. Tidak hanya yang dekat dengan Kota Klaten saja yang datang tetapi dari masyarakat Klaten yang dari Kecamatan-Kecamatan jauhpun ikut untuk merayakan acara tersebut, seakan semua warga Klaten tumpah di Jalan Pemuda.
Tidak hanya orang tua saja yang datang tetapi dari s…