Skip to main content

Posts

Showing posts with the label KULINER

PAPEDA NIKMAT KHAS PAPUA

Papeda merupakan salah satu makanan pokok yang terdapat di Indonesia khususnya daerah timur seperti Papua, Maluku dan sekitarnya mungkin. Papeda ini terbuat dari sagu yang memiliki citarasa khas tersendiri dan bahkan memang sudah menjadi makanan pokok, sehingga seperti kami yang berada di wilayah Barat Indonesia dimana Nasi menjadi salah satu makanan pokok, jadi kalau belum makan nasi ya belum makan Nasi ya serasa belum makan hehehe.
Memang makanan Papeda tersebut terasa asing bagi kami, dan kamipun mencoba untuk mencicipinya dan ada hal unik dimana anak kami menyebutkan bahwa ini seperti slem yang biasa mereka mainkan dengan jari jemari lentiknya hehehe, tetapi yang ini dapat dimakan serta memiliki rasa yang khas. Karena baru pertama mencob kami hanya pesan sedikit saja sehingga cukup untuk kami dan kamipun segera menghabiskannya.
Olahan ini merupakan olahan yang mudah sehingga mungkin suatu saat kita perlu mencoba dengan tukang masak asli dari Papua ataupun kita yang ke Papua untuk…

Harga Gula Merah Terbaru 2020

Harga Gula Merah dan Harga Gula Aren dipengaruhi oleh beberapa faktor dan salah satunya yang paling memberikan efek adalah dimana hujan belum turun secara terus menerus sehingga kekeringan masih dirasakan dibeberapa tempat.
Dampak tersebut membuat produksi dari Gula Merah tersebut menjadi terhambat yang tadinya 1 (satu) pohon dapat menghasilkan beberapa liter air nira sekarang hanya sedikit yang dapat kita petik hasilnya dimana seperti kemarin terjadi hal untuk 5 (lima) pohon kelapa hanya menghasilkan 1 (satu) pongkor (tempat untuk menampung air nira sementara di atas pohon kelapa).
Banyak kita petik pelajaran dimana dari beberapa pengalaman tentunya untuk menghasilkan sebuah Gula Merah yang Super sangatlah dibutuhkan beberapa hal yang sangat membantu dalam faktor produksi tersebut, kelangkaan bahan baku yang membuat sedikitnya pasokan ke pasar serta permintaan pasar yang banyak, sehingga membuat distribusi barang menjadi terhambat.
Untuk itu harga gula dipasaran untuk bulan kemarin …

KELAPA GADA VS KUDI

Kelapa GADA (dibaca Kelapa Godo) merupakan salah satu jenis buah kelapa yang baru pertama kali kami temui, dari segi bahasanya Kelapa Gada itu seperti halnya Gada atau alat pukul yang berbentuk besar nah disini sepertinya kelapanya sebagai Gadanya dan pokok manggarnya sebagai pegangannya.
Baca juga : Pentingnya service kendaraan secara berkala Sekilas memang terlihat tidak jauh berbeda dengan jenis buah Kelapa yang lain memang si buahnya sama, yang membedakan adalah dimana gagang / manggar yang menempel langsung pada kelopak kelapa tersebut sehingga tidak ada Gap atau jarak dengan buah kelapa tersebut, seolah-olah antara gagang/manggar menyatu dengan buah kelapa tersebut.
Baca juga : Meriahnya Perayaan HUT RI Dk. Pelumbungan Segarnya air kelapa tentunya membuat kita merasakan lebih fresh apa lagi ditambahkan sedikit es serta gula kelapa yang memang diproduksi sendiri wow rasanya. Dengan suasana perkampungan yang kental serta kesunyian jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat kami mer…

RESEP UDANG SAOS TIRAM ENAK DAN MUDAH

Jenis masakan dengan berbahan dasar udang begitu banyak dan salah satunya yang akan kami bahas adalah dengan memasak Udang tersebut dengan bumbu Saos Tiram yang tentunya lebih mudah serta  tidak kalah enak dan nikmat serta memanjakan lidah kita.
Inilah Resep Udang Saos Tiram :
Bahan - bahan yang kita gunakan simpel banget loh hanya : 500 gram udang segar (dimana udang segar sangatlah nikmat untuk memanjakan lidah kita)
Bumbu - bumbu yang perlu kita siapkan : 5 (lima) Cabe Rawit 5 (lima) cabe besar hijau 2 (dua) ruas jahe 2 (dua) daun jeruk (untuk kali ini saya menggunakan daun jeruk purut, karena kita memiliki pohon sendiri) 1 (satu) jeruk nipis 2 (dua) batang daun bawang 3 (tiga) siung bawang putih 3 (tiga) siung bawang merah 1 (satu) sendok teh merica Garam secukupnya Gula secukupnya Kecap Tomat Kecap Asin Manis Saos Tiram (ini yang membuat mantap) Minyak Goreng Cara Memasak Udang cucibersih, direndam dengan perasan jeruk nipis selama kurang lebih 15 menitCincang bawang putih, bawang m…

KERUPUK RAMBAK KULIT Pedan, Klaten

Kerupuk merupakan makanan ringan yang sangat cocok sebagai pelengkap dalam makan disetiap harinya dan tanpa bosan-bosannya. Apalagi kalau kerupuk itu adalah Kerupuk Rambak Kulit yang tentunya sangat gurih, renyah dan nikmat.
Baca juga : Pasar Malam Tanda Libur Telah Tiba Kerupuk Rambak Kulit ini banyak diproduksi di tempat kami yaitu di daerah Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten, karena rasanya yang gurih renyah dan nikmat inilah rambak kulit ini sangat diminati oleh masyarakat baik sekitar Pedan maupun diluar wilayah Kecamatan Pedan, dan tidak jarang pula banyak yang membeli untuk oleh-oleh di Rumah, karena selain sebagai teman untuk makan, Rambak Kulit ini juga bisa dimakan sebagai cemilan ringan disaat senggang, dan hati-hati disaat makan karena anda akan ketagihan setelah mengunyahnya dengan tekstur yang begitu renyah dan rasa yang gurih pokoknya uwenak "kata penjualnya"
Baca juga : Merapi Meletus Lagi Jum'at 2 Juni 2018 Jika anda berkunjung ke Pedan anda tidak akan su…

TEMPE MENDOAN KHAS BANYUMAS di JALAN JOGJA-SOLO

Tempe Mendoan merupakan salah satu olahan yang berbahan dasar tempe, memiliki kekhasan dengan olahan yang lain yaitu dengan bumbu-bumbu dasar yang khas banyumasan serta memiliki tekstur yang tipis sehingga tidak diperlukan waktu yang lama dalam sebuah penggorengan, adapun kata mendoan itu sendiri berasal dari kata "mendo" yang bermakna setengah matang dengan cara digoreng sebentar, akan tetapi sebenenarnya juga matang karena memang teksturnya yang tipis sehingga mudah dah cepat matangnya.
Baca juga : Masjid Darunnawaa, Ambal, Kebumen Setelah hampir 9 (sembilan) tahun kurang 3 (tiga) bulan akhirnya kami menemukan olahan mendoan yang khas dan asli dari Banyumas di daerah Klaten dan tepatnya di Jalan Jogja - Solo samping Pasar Kraguman Jogonalan Klaten dan jika anda dalam perjalanan dari Jogja menuju Solo berada sebelum Pabrik Gula Gondang Winangoen, begitu sebaliknya jika anda dari perjalanan Solo menuju Jogja berada setelah Pabrik Gula Gondang Winangoen.
Baca juga : Ikan Koi…

NILA MERAH CANGKRINGAN, YOGYAKARTA

Nila Merah sangatlah menarik karena memang warnanya yang mencolok sehingga membuat kita merasa terus dapat mengamati ikan tersebut berenang kesana kemari walaupun dalam kondisi air yang keruh.
Baca juga : Masjid Al-Madinah Jogonalan Klaten Ikan Nila Mera Cangkringan ini juga memiliki karakter yang berbeda dimana ikan - ikan Nila Merah ini akan terus bergerak kesana kemari dengan cara bergerombol sehingga mungkin karakter seperti inilah yang membuat Ikan Nila Merah dari Cangkringan tahan akan penyakit, karena mereka selalu bergerak hehehe seperti halnya orang yang rajin berolahraga, membuat badan kuat dan sehat tidak mudah terserang penyakit.
Baca juga : Masjid Al-Amin Gantiwarno Klaten Nila Merah sendiri juga memiliki banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh, karena harganya yang relatif terjangkau sehingga masyarakat lebih memilih Ikan Nila Merah dibandingkan dengan seperti Ikan Gurame yang memiliki nilai jual yang tinggi, mungkin dari segi ekonomis tersebutlah yang membuat N…

CAKE TIWUL

Satu lagi olahan berbahan dasar singkong yang sudah melegenda yaitu Tiwul, hanya saja sekarang lebih dibuat agar lebih menarik serta dibuat lebih ukuran kecil dimana mudah untuk dimanakan dan tidak membuat perut merasa kekenyangan dan cocok untuk mencobanya yaitu Cake Tiwul berukuran cup kecil.
Baca juga : Masjid Sabilillah BTC Solo Tiwul yang biasa kita jumpai di daerah Gunung Kidul Yogyakarta yang berbentuk seperti gunung itu hmmm anda pasti tidak habis untuk makan dalam satu porsi gunung iya kan? apa habis waaah kalau habis tentunya anda kelaparan wkekwekwek hehehe atau memang peminat dari Tiwul tersebut. Tapi dengan adanya cake tiwul ini anda dapat menikmati kenikmatan tiwul dengan mudah dan sekarang dapat ditemukan di snack-snack yang ada disekeliling kita serta bentuknya bunga-bunga yang menambah daya tarik untuk kita santap.
Baca juga : Masjid Agung Drono Klaten Menggunakan bahan dasar singkong yang membuat negara kita ini sebenarnya kaya sekali akan bahan pangan seperti yang …

IKAN GURAME KOLAM TERPAL

Bagaimana bisa setiap pagi di pancing tidak habis ? sedangkan antara pertumbuhan dengan hasil pancing lebih banyak yang dipancing ? hmmm tentunya kita perlu melestarikan dengan memberikan bibit baru dan menangkap yang berukuran besar seperti ini serta membiarkan atau melepas kembali hasil pancingan yang berukuran masih kecil betul tidak ?
Baca juga : Masjid Ar-Rahman Nglarang, Basin, Kebonarum Klaten Melihat pola mudik kami yang selalu menginginkan mengkonsumsi ikan tentunya membuat kami berpikir ulang bagaimana kita dapat makan ikan dan tidak habis-habis ikan yang berada di kolam, dengan tujuan lain adalah agar ikan tetap lestari serta kita dapat menikmati hasilnya dan bahkan tak hanya ikan yang dihasilkan tetapi pulus hehehe bisa bisa, kedepannya perlu kita mudik tidak kosongan tetapi diharuskan atau dihimbau untuk membawa bibit ikan agar dapat ditebar di kolam ikan yang berada disana.
Baca juga : Bakar Ikan Patin dan Munjair Kesukaan kami sekeluarga untuk memancing kadang tidak be…

Ikan Patin dan Ikan Munjair Bakar

Mempersiapkan Kayu Bakar serta alat untuk membakar, karena tidak memiliki arang untuk menjadikan sebuah bara api, tetapi kita berada di desa sehingga kamipun mudah untuk mendapatkan kayu bakar, hanya saja jika anda membakar dengan kayu bakar akan nampak terlihat seperti digambar di atas dimana api menyala dengan besar dan menyebabkan menjadi mudah gosong dan tidak matang sampai kedalam dagingnya, jadi perlu kita memberikan jarak yang baik. Baca juga : Masjid Asy Syams Kulonprogo
Kita biarkan api melahap kayu bakar sehingga  dapat membuat bara api yang kita inginkan karena yang kita butuhkan adalah bara apinya saja yang tentunya menyengat serta dapat membakar rata dan sampai ke dalam dagingnya tetapi tidak menimbulkan kegosongan pada ikan yang akan kita bakar tersebut. Baca juga : Dermaga Pantai TPI dan Logending / Ayah
Kita perlu menambahkan beberapa kayu bakar kembali untuk membuat bara cepat dibuat, sembari kita menyiapkan ikan yang akan kita bakar, dan ikan telah kami siapkan dibela…

Mangga Manis Di Kupas Jaman Now

Pola atau cara kupas seperti gambar disamping ternyata sudah mendarah daging untuk jaman sekarang dimana memang terdapat salah satu jenis mangga yang dikombinasikan dengan buah alpukat sehingga menjadikan buah yang manis serta mudah untuk dikupas tanpa tangan kita menjadi lengket dan sebagainya.
Baca juga : Bukit Patrum Krakitan Bayat Setelah mengupas seperti gambar tersebut kita dapat makan buah mangga tersebut dengan sendok atau semacamnya sehingga benar-benar mudah dan tidak belepotan baik di tangan maupun dibibir/mulut kita. Apalagi bagi anak kecil tentunya sangat memudahkan dan menjadikan mereka menyukai buah mangga tersebut yang biasanya malas utuk memakannya karena tangan menjadi kotor sekarang tak lagi seperti dulu, apa lagi dengan mangga yang sudah masuk ke kulkas ini jadi tekstur sedikit lebih keras dan mudah untuk diambil daging buahnya. Semoga teknik seperti ini dapat dinikmati oleh penduduk kampung yang belum  mengetahui informasi tersebut lewat internet yang beberapa la…

Mie Ayam "SELERA" Klaten

Siapa yang tidak kenal dengan Mie Ayam ? tentunya hampir semua pernah melihat, merasakan, dan mengidam-idamkan yang namanya Mie Ayam hehe apa lagi dengan kondisi mendung seperti ini penginnya yang hangat ditemani segelas teh hangat atupun jeruk hangat sungguh nikmatnya. Baca juga : Kupu-kupu Turi
Harga yang ekonomis dan tidak membuat kantong kempes tentunya yang membuat Mie Ayam ini berdiri dimana - mana dan mereka membuka usaha yang modal yang tidak begitu besar tetapi banyak peminatnya, kami pribadi pernah selama 1 (satu) tahun hidup bersama kaka yang berjualan Mie Ayam keliling sehingga tahu bagaimana cara membuat dan sebagainya karena setiap pagi kami membantu untuk mempersiapkan itu semua dan mengambil bahan-bahan yang didapatkan. Mengenang masa-masa lampau nampaknya mengingatkanku pada kaka sepupuku yang jauh disana karena memang kami sekarang tak lagi di kampung tempat kelahiran dulu, tetapi sesekali kamipun mengunjungi kaka yang disana dan sayangnya disaat kami kesana kaka se…

Durian Montong | Bermain di Kebon Duren

ini loh duren montong yang masih metikil hehhee bagus tidak ? aku bisa petik sendiri loh kalau dah besar durennya nanti, hmmm enak kan.
Semoga dapat sampai besar nich berdua kak aku sama adik aku ye yeyeyeye
Durian Montongnya ada banyak lihat saja tuh di atas hmmm asik-asik kita tunggu sampai matang dech besok ya..........
Eh kamu durian cepet besar ya .... biar aku bisa petik kamu dan aku makan hmmmm atau aku jual ya biar dapat fulus yeyeyeyeyyee 
hmmm kok kamu belum besar-besar ya ... kapan donk besarnya eh durian ?
aku tunggu lama banget kok belum besar juga hmmm udah deh aku tinggal saja main sama adik aku
ayo adik kita main ... hmmm aku gendong ayoo tak gendong kemana mana tak gendong kemana mana
ayo adik kok gak mau juga si hmmm kesana ayo tinggalin aja tu durian dia belom mau besar - besar juga tuh
gak mau kakak aku mau jalan sendiri gak usah digendong
gak papa ayo tak gendong biar cepet 
__________________________________________ Simak Juga & Tinggalkan Jejak
Alat Panen Pa…