Skip to main content

Posts

Masjid Majasem Berdiri Sejak 1300an Masehi

Masjid Majasem dinamakan Masjid Al-Makmur berada di Dukuh Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten berdiri sejak tahun 1300an masehi, disini terjadi beberapa pemugaran seperti di tahun 1700an dimasa Kasunanan Surakarta dengan Kesultanan Jogjakarta berpisah, serta pembuatan serambi yang dibuat sekitar tahun 1934 serta dilakukan pemugaran lagi pada tahun 2003 silam.
Baca juga : Gareng Pong Pertanda tempat kamu masih alami Kami mendapatkan informasi dari takmir Masjid serta ada sesepuh yang menceritakan bagaimana kisah turun temurun yang berada di Masjid Majasem tersebut. Serta memberikan informasi berdasarkan prasasti dari keramik yang terpampang didinding-dinding dari Masjid Majasem ini, berdasarkan informasi kebenaran dari tahun 1300an ini tentunya Masjid ini lebih tua dari Masjid Demak dan juga Masjid yang berada di salah satu wilayah Klaten lainnya yaitu Masjid Joglo di lingkungan Sunan Pandanaran. Masjid ini tentunya tersemat perlindungan dari cagar budaya yait…

Gareng Pong Pertanda Tempat Anda Masih Alami

Gareng Pong ini biasa kami dengarkan disaat hari menjelang gelap dan menjelang matahari bersinar serta nampak di area pedesaan yang masih banyak memiliki pepohonan rindang, sehingga berbanggalah kalian yang rumahnya masih terdapat suara gareng pong tersebut karena udara yang segar yang masih alamilah yang membuat kita tetap merasakan kesehatan tanpa polusi.
Baca juga : Masjid Baitul Hakim Semangkak Klaten Karena binantang ini berada dipepohonan sehingga kita jarang sekali menemukan binatang tersebut berbunyi diperkotaan. Ada yang unik dari gareng pong ini, dimana jikalau ada manusia yang datang dan mendekatinya gareng pong ini seperti patung tak bersuara dan bahkan tak bergerak sama sekali. Dan kamipun sering melihat binatang ini sudah mengering entah dia bermetamorfosis atau apa kami belum tahu, dan kalau ada yang tahu mohon berkomentar hehehe biar berbagi ilmu :D, karena seperti ular yang meninggalkan kulitnya begitu pula gareng pong yang seakan-akan dia berubah wujud. dan meningga…

Masjid Baitul Hakim Semangkak

Masjid Baitul Hakim merupakan salah satu Masjid yang berada di wilayah Klaten, dan tepatnya di Jl. Mayor Kusmanto No. 17 Semangkak, Klaten Tengah, Klaten.
Baca juga : Musim Hujan di Akhir Tahun 2017 Masjid yang lokasinya berada di tepi jalan ini tentunya sangatlah bermanfaat bagi para musafir dimana dengan mudah ditemukan untuk beribadah dan beristirahat dalam perjalanan.  
Baca juga : Mie Ayam Selera Klaten Sepanjang Jalur ini di Jalan Mayor Kusmanto juga memang disediakan atau diperuntukan untuk kuliner serta berjualan makanan baik warung restorant steak maupun hanya membuka lapak yang telah disediakan oleh Pemerintah daerah setempat untuk mendirikan lapak mereka di pinggir trotoar sehingga memang dikhususkan jadi tidak membuat pejalan kaki yang lewat trotoar terganggu dan bahkan malah dapat menikmati pemandangan yang berjualan baik makanan maupun buah-buahan. Dengan adanya tempat kuliner tersebutlah keberadaan Masjid Baitul Hakim sangat bermanfaat dimana baik pedagang maupun pembe…

Musim Hujan di Peghujung Tahun 2017

Bulan November sudah memasuki pertengahan dan menginjak lebih dari setengah tanggal dimana akhir tahun 2017 nampaknya sudah bentar lagi terlewati hanya menghitung beberapa hari kedepan yang sudah hampir memasuki bulan Desember di penghujung tahun 2017 ini.
Baca juga : Mie Ayam Selera Klaten
Siang hari bolong yang biasanya panas terik matahari nampaknya sekarang tak lagi terlihat karena semua tertutup oleh awan mendung disertai derasnya air turun hujan yang hampir menyelimuti seluruh wilayah dari Klaten. Berbeda dengan tempat lain seperti di Banyumas dan sekitarnya dimana Hujan turun memang sudah beberapa bulan terakhir, tetapi disini Klaten hanya beberapa hari saja dan kemudian panas kembali. Nah baru terlihat hujan deras di siang ini nampaknya akan membuat pola cuaca yang mulai berubah dan menjadi Hujan yang lebat serta menyejukan bagi kita semua. Tak lagi memerlukan kipas angin bahkan AC karena memang udaranya yang sejuk serta enak untuk bersantai, hanya saja berbeda dengan para pe…

Mie Ayam "SELERA" Klaten

Siapa yang tidak kenal dengan Mie Ayam ? tentunya hampir semua pernah melihat, merasakan, dan mengidam-idamkan yang namanya Mie Ayam hehe apa lagi dengan kondisi mendung seperti ini penginnya yang hangat ditemani segelas teh hangat atupun jeruk hangat sungguh nikmatnya. Baca juga : Kupu-kupu Turi
Harga yang ekonomis dan tidak membuat kantong kempes tentunya yang membuat Mie Ayam ini berdiri dimana - mana dan mereka membuka usaha yang modal yang tidak begitu besar tetapi banyak peminatnya, kami pribadi pernah selama 1 (satu) tahun hidup bersama kaka yang berjualan Mie Ayam keliling sehingga tahu bagaimana cara membuat dan sebagainya karena setiap pagi kami membantu untuk mempersiapkan itu semua dan mengambil bahan-bahan yang didapatkan. Mengenang masa-masa lampau nampaknya mengingatkanku pada kaka sepupuku yang jauh disana karena memang kami sekarang tak lagi di kampung tempat kelahiran dulu, tetapi sesekali kamipun mengunjungi kaka yang disana dan sayangnya disaat kami kesana kaka se…

KUPU-KUPU TURI

Kupu - kupu Turi ini nampak sekali badannya yang besar tetapi sayapnya kecil, dan nampaknya tidak dapat terbang apakah karena ukurannya atau memang kupu-kupu yang masih muda sehingga masih terlihat ukuran bandan yang begitu besar, tetapi tidak juga si kalau Kupu-kupu biasanya juga langsung dapat terbang setelah berubah dari kepompong menjadi kupu-kupu seperti dalam Kupu-Kupu daun jeruk yang kami ulas waktu kemarin.
Baca juga : Masjid Nurul Iman Sawit Boyolali Melihat kondisinya apakah kupu-kupu ini sedang sakit ? karena bisa sampai ke sini tapi jalannya pelan-pelan tanpa terbang, tentunya perlu diteliti ataupun ada yang memahami tentang kupu-kupu silahkan komentar di bawah ya agar dapat saling berbagi informasi, sehingga membuat internet ini bermanfaat dan tidak hanya sebagai pengonsumsi informasi tetapi juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi sesama.

Baca juga : Taman Lampion Baru Klaten
Kamipun menaruh kupu-kupu tersebut di dedaunan agar dapat makan daun ataupun dapat …

Masjid Nurul Iman

Masjid dengan exsterior yang menawan membuat kamipun tertarik untuk mengunjunginya, walau berukuran kecil tetapi exsteriornya benar-benar menarik perhatian kami, dan satu lagi adalah Pohon Buah Naga yang sedang berbuah menambah begitu menarik dan mempesonanya Masjid Nurul Iman Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali

Baca Juga : Renovasi Taman Lampion Klaten
Sebenarnya kami ingin melewati pojok utara dan timur dari wilayah Kabupaten Klaten tapi nampaknya kami kelewatan sehingga sampailan di Masjid Nurul Iman yang sudah memasuki wilayah Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali, tetapi tidak apa karena ini menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi kami yang tanpa sengaja melewati jalur tersebut.

Baca juga : Mengganti Ban Depan Motor Mio Sporty 2009 di Planet Ban Klaten
Sesampai disana memang belum waktu masuk akan tetapi kami sengaja beristirahat sejenak sembari meluangkan waktu untuk melihat daerah sekitar dari Masjid Nurul Iman tersebut yang masih asri pedesaan banyak pepohonan dan ada pula yang…

Taman Lampion Klaten Baru

Taman Lampion Klaten sebenarnya sudah sejak lama ada akan tetapi karena kondisinya yang berada didalam pemukiman sehingga mengalami perombakan pada tahun 2017 ini dimana untuk pintu masuk dan kemungkinan area parkir yang nampak dari Jalan Pemuda Utara sehingga benar-benar terlihat dari depan oleh lalu lalang kendaraan yang melinatas.
Baca juga : Mengganti ban depan motor Mio Kami pernah mengunjungi taman lampion klaten tersebut akan tetapi karena posisinya malam serta kami hanya berdua serta sehabis hujan nampaknya jarang pengunjung akhirnya kami sudah sampai tempat parkirpun kami urungkan niat untuk masuk ke taman tersebut walau memang nampak kelihatan indah dari luar, dan kamipun hanya mengitari taman tersebut sembari menikmati pemandangan lampu-lampu yang menyala dengan indah dari balik luar taman. Karena memang yang namanya taman lampion tentunya akan indah jika kita berkunjung dimalam hari dengan hiasan-hiasan lampu yang menarik perhatian bahkan bentuk-bentuk bunga ataupun kreas…

Mengganti Ban Depan Mio #Planet Ban

Langkah awal adalah melepaskan roda dari motornya dimana dibutuhkan kunci-kunci yang tepat agar mudah serta sesuai dengan penggunaannya sehingga tidak merusak dari baut-baut yang membuat aus dan sebagainya. Baca juga : Apem Ya Qawiyyu Klaten dihadiri Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo

Agar kondisi kendaraan tidak berubah maka harus ada penyangga untuk kedua forknya menggunakan tiang berlobang yang sudah disesuaikan akan ketinggiannya. Baca juga : Taman Ilalang Klaten

Selanjutnya pelepasan Ban yang akan diganti, seperti digambar adalah penggantian Ban luar tetapi semua baik ban luar maupun dalam harus dicek, langkah tersebutpun menggunakan alat yang sesuai kegunaanya yang membuat kepraktisan serta mudah dan juga tepat guna. Baca juga : Mio ku telah menempuh jarak yang begitu memukau

Dilanjutkan dengan pemasangan ban yang baru yang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, nampak disini digunakan alat yang begitu praktis dan mudah serta tepat sekali untuk melakukan penggantian ban y…

Apem Ya Qawiyyu Jatinom Klaten di Hadiri Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo

Apem Ya Qawiyyu Jatinom Klaten di Hadiri Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, berlokasi dekat dengan Masjid Besar Jatinom selepas Bapak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan ibadah sholat Jum'at.
Baca juga : Tempat Penyebaran Apem Ya Qawiyyu
Acara tersebut dihadiri oleh ribuan orang dan bahkan ada pula yang menginap dari semalam agar dapat menyaksikan acara tersebut. Masjid Besar Jatinompun tak mampu untuk menampung semua jama'ah sholat jum'at yang hadir dan bahkan sampai ke tepi Masjid dan di pinggir-pinggir jalan masuk ke Masjid. Antusias yang begitu tinggi sehingga baru sampai dijalan raya saja masih berjarak sekitar 500 meter sudah disediakan tempat parkir agar dapat menampung semua yang datang. Setiap pelataran rumah dijadikan lahan untuk parkir serta jalan masukpun dijadikan sebagai tempat berjualan apa lagi kalau buka jualan Apem Yaqowiyyu khas Jatinom tersebut. Memang Apem ini memiliki citarasa tersendiri yang nikmat dan empuk serta mudah untuk di…

TAMAN ILALANG

Indahnya taman bunga ilalang ini yang tersembunyi dan tanpa kita sadari ternyata ilalang liar yang selama ini kita bakar semasa musim kemarau ternyata begitu indahnya dikala tumbuhan ilalang ini berbunga dan nampak seperti kasur berbulu yang begitu empuk dan halusnya.

Taman ilalang ini berada di Perumahan Merapi Indah, Tegalyoso, Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah yang nampaknya memang tak terekspose oleh publik karena memang lokasinya yang berada ditengah-tengah perumahan serta berada di tanah kapling yang masih  kosong dan ilalang ini liar dan juga sering dihanguskan dengan cara dibakar oleh msyarakat sekitar. Dan memang karena liarnya itu ada beberapa mahluk hidup yang berada didalamnya seperti ular, belalang dan sebagainya dan bahkan kadang malam-malam ada orang yang mencari ular ataupun belalang serta katak diarea tersebut. Jika dibakar barulah nampak tanah kapling kering yang luas dan lebar serta sering kita gunakan untuk area bermain bahkan untuk perlombaan.

Baca juga : Mio S…

Mio Sporty 2009 Telah Menemaniku Menempuh Jarak 98.988,9 Kilometer

Delapan tahun sudah kita bertualang bersama-sama baik senang maupun duka untuk menuju kearah yang lebih baik lagi dan lebih lagi. Dengan gas tipis-tipis dari pantai sampai pegununganpun telah dilalui bahkan sampai gas pun tak dapat mendorongmu aku yang akan mendorongmu sampai puncak. Baca cerita tertuang dari perjalanan ini yang membuat kami merasa saling memiliki dan bersatu untuk satu tujuan yang sama.
Baca Juga : Batang Keluar dari Perut Pohon Dari sekedar perjalanan yang tanpa arah, kamupun selalu setia menemani kami, perjalanan yang luar biasa beberapa kali melewati jalur pantai selatan Klaten - Jogja - Purworejo - Kebuman - Banyumas dan dilanjutkan kembali jalur tengah melalui Purbalingga - Banjarnegara - Wonosobo - Temanggung - Magelang - Jogjakarta dan kembali ke Klaten lagi, selain itu jalur tersebutpun kami melalui jalan pintas yang melewati Borobodurpun telah kau lewati.
Baca Juga : Masjid At-Taqwa Gergunung Klaten Utara Perjalanan Melingkari Gunung Merapipun kau lewati de…

Mencoba Tumbuh Dari Perut Pohon

Batang ini tumbuh dari sebuah pohon yang berada dipinggir jalan, memang usia pohon yang sudah tua terlihat dari kulitnya bak robot hehehe, iya nampak sekali kulit yang mengelupas-mengelupas, akan tetapi nampaknya dari situ terlihat batang muda yang berusaha tumbuh walau berada di perut pohon tersebut yang menunjukan betapa perjuangan sebuah tumbuhan muda yang tumbuh terlihat dari pohon yang telah renta tersebut.
Baca Juga : Keunikan Masjid At-Taqwa Gergunung Klaten
Pohon ini diperuntukan sebagai marka jalan yang berada dipinggir, dimana melindungi atau memisahkan jalan dengan tanah disamping ataupun persawahan yang ada serta memberikan kesejukan serta menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh lalu lalang kendaraan yang melintas di jalan raya, dan dengan adanya pohon inilah yang membuat udara di lingkungan kita tetap bersih dan tak menjadi polusi udara dan bahkan ranting daun pohon inilah yang menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Munculnya ranting dan daun m…

Keunikan Masjid At-Taqwa Gergunung Klaten

Sepintas memang tak terlihat keunikan dari Masjid At-Taqwa ini tetapi jika anda masuk kedalamnya baru nampaklah dimana anak-anak kecil dengan khusyuknya dalam beribadah serta berada dalam shof yang paling depan sendiri berada tepat dibelakang Imam Masjid At-Taqwa tersebut.
Di tempat lain mungkin sebagian besar shof pertama diisi oleh orang tua bahkan kakek-kakek simbah yang sudah sepuh menempatkan diri mereka dibelakang Imam Masjid tetapi di Masjid At-Taqwa ini alhamdulillah antusias dari anak-anak kecilpun begitu semangat dan khusyuknya, semoga akan terjaga sampai mereka besar kelak diwaktu mereka sudah mengenal dunia laur yang lebih luas lagi tetapi akan tetap ingat dengan perjuangan mereka dimasa kecil dimana mereka berduyung-duyung menuju Masjid At-Taqwa untuk memakmurkannya. Untuk ketepatan waktu juga sangat dijaga dimana dikala waktu sholat telah tiba akan terus bergegas untuk mengumandangkan adzan dan dilanjutkan dengan sholat jama'ah yang tentunya tanpa mengulur-ulur wakt…

Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis ini berada di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) serta taman tersebut biasa kita kenal bagi warga Yogyakarta atau Kecamatan Patuk dengan sebutan "Puspa Patuk" karena memang taman tersebut berisi bunga Amarilis yang sedang berkembang pada musim penghujan seperti sekarang ini.
Berdasarkan Informasi dari teman facebook kami Muhimatussolihat Farah Annisa menerangkan bahwa "Taman Bunga Amaryllis,, Seger dan Indah bgt memanjakan mata,guys..
MasyaaAllah bgt pokoknya 😍
Yg belum ke sini,buruan ke sini deh.
Minggu kemarin ke sana bunganya sebagian udah bnyak yg layu,jadi sebaiknya,kalo mau ke sini, saat awal2 mekar minggu pertama atau kedua aja "coba lg tahun depan" 😅,penasarraan. Ngambil ngambarnya gak greget,, sebagian ada yg udah rusak, padalah udah di kasih space buat jalan dan ambil gambar. Tapi,masiiih aja ada main serudug2 n injek2 aja 😥,duh yaa"
Baca juga : Bunga Desember yang be…

Gula Merah Klaten datang Lagi | Ready Stok

Hari ini tanggal 24 Oktober 2017 Gula Merah Super dari Banyumas datang lagi monggo yang di Klaten dilarisi dengan harga yang masih sama khusus buat warga klaten
Harga Rp 14.000 / kg
Gula Merah Super ini berasal dari Pegunungan di salah satu wilayah Kabupaten Banyumas yang tentunya rasanya yang manis dan menyehatkan. Kwlitas Super tersebut biasa digunakan untuk Gethuk Goreng Sokaraja yang benar-benar high quality sehingga terjamin mutu dan kwalitas dari makanan yang dihasilkan dari olahan Gula Merah Super tersebut.
Baca juga : Tulisan Arab Berbahasa Indonesia ditemukan di Box Truk Bagian Belakang
Simak Juga Video Kami
Dengan kelangkaan gula pada bulan-bulan ini dimana di area Banyumas sudah beberapa bulan terakhir mengalami musim penghujan jadi hujan disana sini, sehingga produk Gula Superpun mengalami penurunan sehingga tidak mudah untuk mendapatkannya kan tetapun untuk wilayah Klaten kami tidak akan menaikan harganya harga tetap di Rp 14.000/kg nya, dan semoga tetap membawa berkah d…

Tulisan Arab Bahasa Indonesia

Dari jauh nampak terlihat sebuah truk muatan yang bertuliskan huruf arabic dan kamipun mencoba untuk membacanya yang tidak lain tidak bukan adalah "AKU RINDU KAMU"
Sebenarnya si kami ingin membaca Al-Qur'an walau dijalan hehe sehingga kami mengejar truck muatan tersebut dan sampai kami video juga agar menjadi bukti yang autentik hehehe.  Tetapi ternyata sebuah tulisan arab yang tetap menggunakan bahasa Indonesia.

Baca juga : Gula Merah Super dari Pegunungan Banyumas

Berpositif thinking juga dimana kalimat Aku Rindu Kamu yang ditulis menggunakan huruf arabic tersebut dimaksudkan oleh pak sopir bahwa sopir tersebut rindu akan keluarga dan rindu akan sang penciptanya.

Banyak berbagai tulisan unik dalam box belakang truk yang membuat kita tertarik untuk melihat membaca dan bahkan mengabadikannya seolah-olah kita terpana dan asik aja si apa lagi jika berada di lampu merah dengan kemacetan yang panjang, tentunya membaca tulisan dalam box truk membuat hati kita senang, dan luc…

Layang - Layang KODOKAN

Kutemukan Layang-layang kecil yang ternyata mengingatkanku akan masa kecil yang kurang bahagia, dimana kami bekerja keras untuk menerbangkan layang-layang. Kami harus naik pohon kelapa ataupun pohon sengon terlebih dahulu agar dapat layang-layang kami terbang tinggi ke angkasa wekewkkewk.
Kamipun harus naik pohon yang begitu tinggi jika layang-layang kami turun karena menyangkut dipohon besar nan menjulang, atau alternatif lainnya adalah dengan cara kami membuat layang-layang kembali karena memang posisinya yang begitu tinggi dan kami tak dapat untuk mengambilnya. 
Tetapi dengan itu semua tidak membuat kami untuk patah arang, memang perjuangan-perjuangan seperti itulah yang dapat menerbangkan layang-layang yang indah dipandang jika sudah tinggi dan layang-layang ditempat kami memang dapat menampilkan bunyi yang nyaring serta beragam sehingga unik serta dapat menjadi sebuah ikon tersendiri bagi layang-layang milik siapa dan siapa. Dengan penuh kesabaran karena tidak sekali saja untuk …

Ternyata Ini Sistem Tanam Tabela

Apa yang kami tulis kemarin dalam "Alat Penggaris Sawah" ternyata keliru, setelah kami mendapatkan informasi dari Mas Cahya ternyata yang dimaksudkan dalam alat tersebut adalah sebuah alat menanam padi dengan Sisten Tanam Tabela (Tanam Benih Secara Langsung)
Yang dimaksud dengan Sistem Tanam Tabela (Tanam Benih Secara Langsung) yaitu sebuah sistem tanam padi dengan cara menanam padi tanpa melakukan persemaian padi terlebih dahulu atau secara memindahkan bibit, akan tetapi langsung ditebar benih secara langsung yang menggunakan alat sehingga menjadi sebuah larikan atau alur yang jelas.
Tentunya dengan sistem seperti ini benar-benar menyingkat waktu yang tadinya harus disemaikan terlebih dahulu dan setelah tinggi benih atau bibit sekitar 20 cm baru dipindahkan dan ditanam dengan cara dipindahkan serta memerlukan alat ataupun tenaga manusia untuk menanamnya, sedangkan dengan cara tanam tabela tentunya kita hanya membutuhkan satu orang saja seperti dalam video di bawah ini untu…

Indahnya Kebersamaan di Pantai Nampu

Perjuangan berangkat pagi sampai sana sudah matahari mulai menyingsing dengan hanya bermodalkan petunjuk arah dan ingatan berdasarkan peta google yang terekam dalam otak kami hehehe.
Membutuhkan waktu sekitar 3 jam bahkan lebih dari Klaten dengan alasan ya itu tidak mengetahui secara pasti arah dan tujuannya sehingga mengikuti jalur saja kemana roda berputar.
Pantai Nampu ini masih berada diwilayah Wonogiri yang masih termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah, akan tetapi kami perlu melewati Provinsi Jawa Timur yaitu Pacitan untuk mencapai ke Pantai Nampu tersebut karena jalurnya memang melewati sedikit dari arah Pacitan. Dan terdapat pantai pula kalau tidak salah pantai sembukan Jawa Timur. Terdapat dua jalur perpisahan seperti huruf Y yang ke kiri ke Pantai Jawa Timur dan yang ke kanan ke Pantai Nampu Wonogiri Jawa Tengah.
Sesampainya di Pantai Nampu kami melihat begitu sepi dan masih alami, dan belum banyak wisatawan yang datang kesini, seperti yang terlihat dimana hanya terdapat anak-a…